Dalam mengatur keuangan rumah tangga, alangkah baiknya jika kita sebagai ibu rumah tangga berinisiatif untuk memiliki tabungan tersendiri. Oleh sebab itu, menjadi ibu rumah tangga sangat penting untuk mempelajari berbagai tips untuk mengatur keuangan termasuk tips menabung bagi ibu rumah tangga.

Menjadi ibu rumah tangga harus sangat bijak dalam mengurusi berbagai kebijakan keuangan apalagi terkait pengeluaran rumah tangga. Karena umumnya, ibu rumah tangga lebih dominan dalam mengelola segala keperluan rumah tangga.

Apalagi selaku orang yang dipercaya untuk mengatur keuangan rumah tangga dari pendapatan suami, maka selaku ibu rumah tangga Anda harus memanfaatkan keuangan tersebut sebaik-baiknya sehingga tidak ada hal-hal yang terbengkalai dan kebutuhan yang tak terpenuhi.

Mau gaji suami kecil maupun besar, memiliki tabungan dari keuangan rumah tangga sangat penting terkhususnya dalam mengatasi masalah yang tidak terduga-duga.

Dengan demikian, kini telah kami rangkum selengkapnya mengenai Tips Menabung bagi Ibu Rumah Tangga sehingga para ibu bisa mampu selalu menjaga kestabilan ekonomi rumah tangga dengan baik, tips pertama yang bisa ibu terapkan antara lain

Menyisihkan Uang Belanja Rumah Tangga

Mungkin tips ini sudah diketahui sebelumnya oleh Anda sebagai ibu rumah tangga, yakni menyisihkan sebagian uang belanja rumah tangga. Ya, karena seperti yang ibu ketahui sendiri, langkah ini merupakan cara paling popular dan banyak dipraktikkan dikalangan ibu-ibu rumah tangga.

Dengan maksud bukan hanya sekedar menyisihkan, ibu juga dituntut untuk mencatat pengeluaran biaya rumah tangga secara bulanan, sehingga ibu dapat lebih bijaksana dalam berbelanja dan meminimalisir membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan rumah tangga.

Tidak Menyepelekan Uang Koin (Recehan)

tips menabung bagi ibu rumah tangga

Uang sekecil apapun, termasuk hanya bernilai recehan juga harus ibu kumpulkan sebagai tabungan. Jangan mentang-mentang uang bernilai kecil, hingga berpikir tak ada manfaatnya sama sekali. Nah, mindset ini yang harus ibu ubah mulai sekarang.

Padahal kata pepatah, sedikit demi sedikit menjadi bukit. Bayangkan jika ibu selalu kumpulkan uang koin setiap habis berbelanja, berapa ribu yang bisa ibu dapatkan setiap bulannya, karena gak mungkin juga setiap bulan hanya sekali saja ibu berbelanja.

Mungkin biar gak ribet, ibu sekalian bisa menyiapkan celengan khusus koin, yakni bisa berupa toples atau kaleng bekas. Pokoknya gak usah ngeyel dan minder bu, hehe…

Apalagi kelebihan uang koin ini jika ditabung, ya paling gak akan digigit tikus. Selain itu, kalau anak ngeyel minta uang jajan, langsung aja kasih uang koin, bisa langsung menghemat ribuan hingga puluhan ribu uang bulanan tuh. 🤣😎

Berbelanja di Pasar Tradisional

tips menabung bagi ibu rumah tanggaWaktu memang cepat berubah, kini sudah banyak supermarket yang bertebaran diseluruh kota-kota Indonesia. Padahal jika ibu memang ingin menghemat segala sektor keuangan rumah tangga, para ibu bisa memanfaatkan pasar tradisional untuk membeli kebutuhan pokok.

Karena seperti yang diketahui, berbelanja di pasar tradisional jauh lebih murah, lebih beragam, dan lebih segar dibanding supermarket. Apalagi murah bukan berarti produk berkualitas rendah. Belum lagi para ibu bisa bernegosiasi terkait harga barang yang ingin dibeli.

Utamakan Kebutuhan dibanding Keinginan dalam Berbelanja

Berbelanja di pasar tradisional memang murah dan menghemat keuangan rumah tangga, namun jika ibu berbelanja karena keinginan dan bukan karena kebutuhan, maka itu sama saja keuangan rumah tangga akan boncos dan ibu tak akan sempat untuk menabung.

Salah satu langkah agar ibu sekalian bisa mengedepankan kebutuhan rumah tangga ialah selalu membuat daftar belanja setiap kali ingin berbelanja dimanapun dan kapanpun.

Dan jika ada barang yang sangat menarik, tetapi tidak ada dalam daftar belanja, para ibu harus menunda membelinya. Atau jika memang ibu merasa sangat tertarik, ibu harus berpikir 2 kali tentang kegunaan barang tersebut. Apakah bermanfaat? Ataukah tidak?

Membuat Daftar Pemasukan dan Pengeluaran

tips menabung bagi ibu rumah tanggaMengapa membuat daftar pemasukan dan pengeluaran sangat penting, terkhususnya dalam mengelola keuangan rumah tangga?

Karena dengan memiliki daftar keuangan tersebut, para ibu bisa meminimalisir pengeluaran rumah tangga yang dirasa tidak perlu sehingga ibu juga bisa mendapatkan peluang menabung dari keuangan rumah tangga yang tidak terpakai.

Dalam membuat daftar pemasukan dan pengeluaran, yang diperlukan hanyalah niat dan ketekunan. Agar tidak ada kesalahan dalam mengatur keuangan rumah tangga.

Mengontrol Penggunaan Kartu Kredit (Atau Bahkan Lupakan Kartu Kredit!)

tips menabung bagi ibu rumah tanggaKartu Kredit sebenarnya bisa menjadi boomerang bagi keuangan rumah tangga, sehingga para ibu yang memiliki kartu kredit sangat disarankan untuk berhati-hati dalam menggunakan kartu kredit, apalagi sampai tergiur untuk digunakan dalam hal-hal yang tidak perlu.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga agar Terbebas dari Hutang!

Karena lebih parahnya lagi, bisa saja ibu terjebak hutang karena penggunaan kartu kredit. Oleh karena itu, banyak pakar ekonom yang menyarankan pasangan rumah tangga untuk tidak menggunakan kartu kredit, apalagi jika dalam keadaan berhemat.

Bahkan tidak sedikit, pasangan suami-istri bertengkar hanya karena masalah penggunaan kartu kredit yang tidak terkontrol. Ditambah menurut penelitian, cara paling ampuh untuk menghabiskan uang ialah dengan menggunakan kartu kredit. #ITUH

Kurangi Aktivitas yang Mengeluarkan Uang

Beberapa kebiasaan para ibu yang bisa menghabiskan uang ialah hangout bareng temen-temen, dan akhirnya karena gak sadar tiba-tiba langsung aja gitu uangnya habis. Nah, kebiasaan buruk seperti ini yang harus dihindari oleh ibu sekalian.

Untuk menjalin silaturahmi, okelah. Tapi jangan sampai gengsi untuk berpenampilan sederhana dan beli beberapa barang yang secukupnya. Ini juga berlaku bagi segala kegiatan/kebiasaan buruk yang bisa menghabiskan uang secara terus-menerus.

Karena, pengeluaran rutin sekecil apapun itu akan selalu berdampak besar bagi keuangan rumah tangga Anda, dibandingkan dengan pengeluaran besar namun hanya sesekali saja.

Mencari Penghasilan Tambahan

Sekarang, gak mustahil lagi bagi para ibu mencari pendapatan sambil mengasuh anak dan mengurusi rumah tangga seperti usaha makanan/catering, buka warung, atau jasa laundry misalnya.

Apalagi ditambah dengan fasilitas serba internet dan teknologi, kini para ibu bisa membuka usaha online dan mendapatkan ribuan order setiap harinya loh! Mantap kan?

Dan dari pendapatan usaha sampingan ibu, mungkin sedikit demi sedikit dari penghasilan tersebut bisa ditabung untuk keperluan rumah tangga kedepannya. Sisanya, bisa digunakan untuk mengembangkan usaha bisnis ibu agar lebih menghasilkan lagi dong!

Mengikuti Arisan

Mengikuti arisan, selain dapat menjalin silaturahmi juga dapat dimanfaatkan sebagai tabungan bahkan pinjaman sebagai modal untuk ibu-ibu dalam membangun usaha. Tetapi, dalam mengikuti program arisan ibu mau tidak mau harus mengeluarkan sejumlah uang (yang disepakati) untuk membayar arisan.

Kesimpulan

Demikian dari artikel ini. Yang terpenting, inti tips menabung bagi ibu rumah tangga sebenarnya hanya masalah disiplin dalam mengatur keuangan.

Karena dengan disiplin dalam menjalankan keuangan rumah tangga, para ibu bisa sukses menghemat hingga jutaan rupiah setiap bulannya dan mendapatkan peluang besar untuk menabung dengan baik dan efektif!

Karena inti dari menabung itu sendiri ialah para ibu dituntut untuk disiplin dalam menabung dan berhemat dalam mengatur keuangan rumah tangga, sehingga ibu bisa menabung dengan jumlah nominal yang cukup besar agar mendapatkan tabungan yang lumayan besar pula kedepannya.