Anda ingin membuat NPWP Pribadi? Apakah saat ini anda merasa bingung untuk membuat NPWP? Belum tahu bagaimana cara membuat NPWP untuk Anda sendiri? Ingin tahu bagaimana Syarat Membuat NPWP Pribadi, simak artikel ini sampai habis ya!

Pajak merupakan kewajiban bagi masyarakat untuk Negara dan bagi setiap Warga Negara Indonesia yang telah memenuhi syarat menjadi wajib pajak maka harus memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dan harus bersedia untuk membayar pajak.

Bagi seorang yang merupakan wajib pajak mengetahui nomor NPWP ini sangat penting dan selalu dibutuhkan terkhususnya pada saat mengurus berbagai dokumen yang ada. Oleh sebab itu kepemilikan kartu NPWP ini wajib bagi semua orang yang sudah menjadi wajib pajak.

Baca Juga: Cara Membuat NPWP bagi Yang Belum Bekerja dan Pekerja Lepas (Freelancer)

Proses Pembuatan kartu NPWP ini bisa dilakukan melalui kantor maupun perusahaan tempat anda bekerja, membuatnya sendiri secara manual dengan datang langsung ke kantor pajak setempat, atau daftar langsung secara online.

Tapi, sebelum membuat npwp baik secara online maupun mendatangi langsung kantor pajak (offline), apa aja sih syarat-syarat membuat npwp pribadi yang harus dipenuhi?

Syarat Membuat NPWP Pribadi

1. Fotokopi Identitas Diri

Untuk seluruh WNI (Warga Negara Indonesia) menggunakan Fotokopi KTP dan bagi Warga Negara Asing (WNA) yang bekerja atau berada di Indonesia menggunakan Fotokopi Paspor, KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas) atau (KITAP) Kartu Izin Tinggal Tetap

2. Fotokopi Surat Keterangan dari tempat Anda bekerja

Mintalah Surat Keterangan (SK) dari perusahaan atau kantor tempat anda bekerja, surat yang menerangkan bahwa Anda benar-benar bekerja di perusahaan tersebut.

3. Mengisi Formulir Pendaftaran

Dan yang terakhir anda tinggal mengisi formulir yang sudah disediakan di bagian pembuatan NPWP dan jangan malu bertanya apabila mengalami kesulitan. Atau jika ingin mendaftar secara online anda tinggal mengisi formulir yang terlampir.

Seberapa Besar Sih Manfaat dan Keuntungan Memiliki kartu NPWP?

Selain digunakan sebagai identitas bahwa anda adalah seorang wajib pajak, kartu NPWP ini juga sangat memiliki manfaat dan keuntungan, antara lain

Sebagai Persyaratan Administratif

syarat membuat NPWP pribadiJika anda mengurus beberapa hal yang berkaitan dengan instansi resmi seperti halnya instansi pemerintah, bank, maupun lembaga resmi lainnya, maka biasanya Nomor Pokok Wajib Pajak merupakan salah satu dari kelengkapan administratif yang wajib dipenuhi.

Apalagi jika ingin mengurus peminjaman ke bank seperti KPR atau KTA, maka memiliki nomor kartu NPWP adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi. Belum lagi jika anda ingin membuka sebuah usaha maka kartu NPWP ini pun sangat diperlukan.

Kepemilikan NPWP menunjukan bahwa anda adalah wajib pajak, jika anda saat ini memiliki sebuah usaha dan hendak mengurus Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) maka salah satu persyaratan yang harus dipenuhi ialah fotokopi NPWP.

Selain digunakan untuk pengajuan pinjaman di bank atau mengajukan izin usaha maupun untuk melamar pekerjaan, NPWP biasanya menjadi syarat administrasi yang harus diserahkan. Karena biasanya ada perusahaan yang menggunakan NPWP ini untuk mempermudah dalam mengurus berbagai administrasi karyawan nantinya. Lihat Juga: Syarat Membuat NPWP Karyawan dan Pegawai Terbaru Disini

Memudahkan bepergian ke Luar Negeri

Mungkin bagi Anda yang sering dan suka bepergian ke luar negeri maka dengan mempunyai NPWP tentu akan membantu perjalanan anda. Karena dengan menunjukan kartu NPWP saat hendak bepergian ke luar negeri, anda akan terbebas dari pembayaran fiskal.

Kebijakan ini juga merupakan bagian dari program sosialisasi NPWP Tahun 2010. Selain itu, terkadang ada beberapa maskapai penerbangan yang membuat promo atau diskon (potongan harga) bagi anda yang memiliki NPWP, salah satu contohnya ialah maskapai Garuda Indonesia.

Pengurusan Tabungan Pensiun

syarat membuat NPWP pribadiBagi Anda yang sudah tidak bekerja secara aktif atau sudah pensiun, kepemilikan NPWP tentu tetap dibutuhkan. Hal ini karena para pensiunan / purnabakti tetap dinyatakan berpenghasilan karena memiliki pendapatan berupa uang pensiunan. Dan NPWP ini dibutuhkan sebagai kelengkapan administrasi untuk pengambilan Tabungan Pensiun (Taspen).

Mendapat Potongan Pajak

syarat membuat npwp pribadiSesuai dengan peraturan Undang-Undang PPh Pasal 21 Ayat 5a, yang isinya menyatakan bahwa bahwa mereka yang wajib membayar pajak dan tidak memiliki kartu NPWP akan membayar pajak 20 persen lebih besar dari pada mereka yang mempunyai NPWP. Lihat Tarif PPh 21 disini

Ketentuan ini juga yang dimanfaatkan oleh kantor atau perusahaan untuk mendapatkan potongan pajak lebih rendah dengan mengakomodir kepemilikan NPWP bagi setiap karyawan.

Artinya Anda hanya cukup membuat NPWP sekali saja untuk bisa anda gunakan seumur hidup. Dengan melihat manfaat dan keuntungan diatas tentang kepemilikan kartu NPWP maka pajak tidak akan lagi menjadi sesuatu yang harus ditakuti. Lalu apa saja syarat yang harus dipenuhi dalam membuat NPWP Pribadi?

Cara Membuat NPWP secara Online

syarat membuat npwp pribadiSelain datang ke kantor pajak, anda juga bisa membuat NPWP secara online lho. Sebelum memulai proses pembuatan NPWP secara online, anda harus sudah mempersiapkan berkas administrasinya terlebih dahulu.

Berikut perlengkapan yang diperlukan antara lain 👉 scan KTP, keterangan kerja untuk pegawai dan SK untuk Pegawai Negeri Sipil atau scan surat keterangan usaha bagi anda yang merupakan pemilik usaha.

1. Pertama kali yang harus Anda lakukan adalah membuat akun terlebih dahulu di website https://ereg.pajak.go.id. Anda akan diarahkan ke halaman pendaftaran.

2. Kemudian selanjutnya akan ada pemberitahuan berupa email verifikasi di mailbox (bisa kunjungi https://mail.google.com atau buka aplikasi E-Mail di handphone)

3. Setelah itu jika anda sudah masuk ke akun email, selanjutnya klik link verifikasi, dan anda akan diarahkan untuk mengisi data pada laman formulir yang tersedia.

4. Jika sudah terisi semuanya maka tinggal klik tombol Daftar, setelah itu akan ada notifikasi (pemberitahuan) seperti saat anda mendaftarkan email di awal tadi, dan buka pesan email tersebut.

5. Selanjutnya Anda klik link aktivasi untuk diarahkan ke halaman login dan masuk menggunakan akun yang sudah dibuat tadi,. Setelah login anda harus mengisi formulir dan menyelesaikan tahap selanjutnya (terdapat 9 tahap pengisian data).

6. Tahap selanjutnya anda harus memilih kategori wajib pajak. Sebagai tambahan informasi pendaftaran NPWP online ini baru digunakan untuk wajib pajak pajak pribadi bukan perusahaan, dan untuk wanita yang sudah menikah tidak diwajibkan untuk mempunyai NPWP karena beban pajak sudah ditanggung oleh suami.

7. Saat mengisi tiap tahapannya, Anda akan diminta untuk mengisi kolom tentang Alamat domisili atau tempat tinggal. Mohon diingat, alamat tempat tinggal yang harus dicantumkan adalah alamat terkini yang saat ini anda tempati.

8. Untuk bagian kode wilayah, anda tinggal klik tombol “cari” lalu akan muncul daftar kode wilayah yang bisa dipilih sesuai daerah yang ditempati.

9. Tahap selanjutnya tahap alamat domisili. Jika alamat domisili anda sesuai dengan alamat tempat tinggal terkini, maka anda tinggal centang pilihan “sama dengan alamat tempat tinggal” dan kalau tidak sesuai atau berbeda maka harap diisi sesuai dengan alamat domisili anda saat ini.

10. Kemudian jika memilih kategori usaha, maka anda bisa mengisi kolom alamat tempat usaha anda atau bisa melewatinya.

11. Setelah tahap pengisian formulir dari tahap 1 sampai tahap 7 selesai diisi, anda tinggal mengunggah gambar scan kelengkapan administrasi yang sudah dipersiapkan tadi.

12. Selanjutnya merupakan laman pernyataan. Disini anda tinggal memastikan bahwa data yang anda masukkan sudah benar dan lengkap.

13. Setelah itu anda klik tombol simpan dan anda akan diarahkan ke dashboard. Di tahap ini anda klik tombol “minta token”.

14. Setelah itu anda akan mendapatkan email yang berisi kode token anda, selanjutnya kembali ke dashboard dan klik “kirim permohonan”.

15. Kemudian anda akan melihat pop up surat yang menyatakan memperoleh informasi perpajakan, disini masukanlah kode token yang sudah anda dapatkan melalui email.

16. Setelah klik tombol kirim, anda akan mendapatkan notifikasi yang memberitahukan bahwa anda telah selesai melakukan permohonan NPWP secara online. Kartu NPWP akan dikirim ke alamat anda melalui jasa pos dalam kurun waktu 14 hari kerja.