Ingin punya NPWP, tapi bagaimana sih syarat membuat NPWP Pribadi? Padahal pajak merupakan kewajiban kita sebagai Warga Negara Indonesia lho! Jadi, setiap warga negara yang telah memenuhi syarat wajib memiliki NPWP dan bersedia untuk membayar pajak.

Bagi Wajib Pajak, memiliki NPWP merupakan hal yang sangat penting. Selain fungsi dan manfaatnya banyak sekali untuk mempermudah segala administrasi yang ada, NPWP juga merupakan tanda pengenal atau identitas dari Wajib Pajak itu sendiri.

Baca Juga: Apa Itu NPWP beserta Fungsinya?

Untuk mendapatkan NPWP sebenarnya gak ribet. Karena proses pembuatan NPWP bisa dilakukan secara online, mendatangi langsung ke kantor pajak setempat, atau juga bisa melalui kantor/perusahaan tempat kamu bekerja.

Tapi sebelum itu, persiapkan dulu apa saja syarat yang harus dipenuhi untuk membuat NPWP Pribadi. Perlu diingat, syarat membuat NPWP Pribadi berbeda sesuai dari status masing-masing Wajib Pajak. Jadi gak sembarangan bawa dokumen.

Syarat Membuat NPWP Pribadi

syarat membuat NPWP Pribadi

Untuk membuat NPWP Pribadi, persyaratan yang harus dilengkapi dibedakan atas 3 kategori Wajib Pajak yakni bagi Wajib Pajak Pribadi, Wajib Pajak Pribadi Usahawan, dan Wajib Pajak Pribadi Wanita Kawin.

Tanpa basa-basi, mari kita bahas satu per satu sampai setuntas-tuntasnya!

bagi Wajib Pajak Pribadi

Kategori ini adalah orang yang belum bekerja maupun yang telah bekerja serta tidak memiliki usaha, seperti freelancer, karyawan, PNS, TNI, POLRI, dan lain sebagainya. Bisa dibilang, kategori ini diperuntukan bagi Wajib Pajak pada umumnya.

Syarat Membuat NPWP Pribadi

  1. Cukup membawa fotokopi KTP bagi Warga Negara Indonesia

  2. Atau fotokopi Paspor ditambah surat keterangan tempat tinggal (KITAS/KITAP) bagi Warga Negara Asing

    (*) Surat keterangan tempat tinggal adalah Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP)

Baca Juga: Ternyata Begini! Syarat Membuat NPWP Karyawan, Tanpa Ribet

bagi Wajib Pajak Pribadi Usahawan/Wiraswasta

Adapun orang yang memiliki usaha dan pekerjaan bebas seperti wiraswasta termasuk dalam kategori ini. Kita pun harus mendaftar sendiri dan tidak bisa diwakilkan oleh orang lain.

Syarat Membuat NPWP Wiraswasta

  • Fotokopi KTP bagi WNI
  • atau Fotokopi Paspor dan KITAS/KITAP bagi WNA
  • Fotokopi Dokumen Izin Kegiatan Usaha, Dokumen Lokasi Kegiatan Usaha, atau Lembaran Bukti Pembayaran Listrik
  • dan surat pernyataan menjalankan kegiatan usaha bermaterai (Rp6.000)

bagi Wajib Pajak Pribadi Wanita Kawin

Sebenarnya kewajiban pajak seorang istri ditanggung oleh suaminya, tapi apabila ingin memiliki NPWP terpisah, tentu bisa dong. Persyaratan yang harus dilengkapi juga gak ribet.

Syarat Membuat NPWP Wanita Kawin

  • Fotokopi NPWP Suami atau Dokumen Perpajakan yang Setara apabila Suami merupakan WNA
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • dan Fotokopi Surat Perjanjian Pemisahan Penghasilan dan Harta; atau Fotokopi Surat Pemisahan Hak dan Kewajiban Perpajakan dari Suami

Apakah Orang yang Belum Bekerja Wajib Memiliki NPWP?

syarat membuat NPWP Pribadi

Sebenarnya orang belum bekerja, tidak memiliki kewajiban untuk menjadi Wajib Pajak dan memiliki kartu NPWP. Karena Direktorat Jenderal Pajak memiliki aturan pendapatan seperti apa yang dapat dikenai pajak.

Istilah ini disebut Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP). Aturan PTKP terakhir adalah Rp4.500.000/bulan atau sekitar Rp54.000.000 selama setahun. Jadi, bagi kamu yang memiliki penghasilan dibawah angka tersebut, maka penghasilan kamu masih dalam zona PTKP.

Baca Juga: Cara Membuat NPWP bagi Orang yang Belum Bekerja

Tetapi NPWP memiliki manfaat tersendiri yang sangat mempermudah segala aktivitas kita sebagai warga negara. Seperti mempermudah administrasi perpajakan dan selalu menjadi salah satu persyaratan di berbagai dokumen penting seperti dalam mengajukan kredit, pembuatan paspor, pembuatan rekening koran, dan lain sebagainya.

Cara Membuat NPWP

cara membuat NPWP pribadi

Nah, bagi yang ingin memiliki NPWP, kita bisa mendaftar secara online atau mendatangi langsung kantor pajak terdekat, bahkan biasanya terdapat kantor maupun perusahaan yang melayani pegawai/karyawannya untuk mendapatkan NPWP.

Untuk pendaftaran secara online, silahkan kunjungi situs ereg.pajak.go.id dan isi formulir pendaftaran sesuai dengan petunjuk yang ada. Dan langsung hubungi Kring Pajak dengan nomor 1500-200, bila mendapati masalah saat pendaftaran.

Dan untuk pendaftaran secara offline, bisa datangi langsung Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau Kantor Penyuluhan dan Pengamatan Potensi Perpajakan (KP4) terdekat dengan membawa segala persyaratan yang ada.