Sebagai orang yang berpenghasilan, wajib untuk kita menjadi Wajib Pajak dan memiliki NPWP. Tapi bagaimana dengan syarat membuat NPWP karyawan, apakah berbeda dengan persyaratan NPWP pada umumnya?

Baca Juga: Apa Itu NPWP?

Syarat membuat NPWP karyawan sebenarnya agak berbeda dengan persyaratan dalam membuat NPWP pribadi biasanya. Yaitu tambahan satu dua lembar dokumen yang harus dilengkapi, jadi nggak ribet dong.

Jadi bagi kamu yang merupakan karyawan di suatu perusahaan, penting sekali untuk memiliki NPWP ini. Selain memenuhi aturan yang ada, kamu juga mendapatkan potongan PPh 21 lebih rendah 20% dibanding mereka yang tidak memiliki NPWP.

Syarat Membuat NPWP Karyawan

syarat membuat npwp karyawan

Nah, kira-kira apa saja sih syarat membuat NPWP karyawan yang harus dilengkapi?

  1. Fotokopi KTP atau Paspor dan Surat Keterangan Tempat Tinggal

    Bagi kamu yang merupakan Warga Negara Indonesia, dokumen yang pertama kali kamu lengkapi adalah fotokopi KTP. Atau fotokopi paspor dan surat keterangan tempat tinggal, seperti Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP), bagi kamu yang merupakan Warga Negara Asing yang sedang bekerja di Indonesia.

  2. Fotokopi Surat Keterangan Kerja

    Lalu dokumen kedua yang harus kamu lengkapi adalah fotokopi surat keterangan dari perusahaan tempat kamu bekerja yang membuktikan bahwa kamu benar-benar merupakan karyawan di perusahaan itu. Ini berlaku bagi kamu yang merupakan karyawan swasta maupun PNS.

  3. Selesai deh!

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan E-KTP

Setelah itu kamu tinggal datangi Kantor Pajak terdekat atau mendaftar secara online dengan mengunjungi situs ereg.pajak.go.id dan lengkapi formulir yang ada.

Mudah kan?

Cara Daftar NPWP Karyawan

cara daftar npwp online

Untuk memiliki NPWP, sebenarnya kita bisa mendatangi langsung kantor pajak terdekat atau mendaftar secara online di Ereg Pajak e-Registration.

Pendaftaran NPWP di kantor pajak seperti Kantor Pelayanan Pajak (KPP), harus dilakukan tanpa diwakilkan dan jangan lupa untuk membawa segala persyaratan di atas. Bila mendapati kesulitan saat mendaftar, jangan sungkan untuk bertanya kepada petugas pajak.

Untuk pendaftaran secara online, silahkan kunjungi situs Ereg Pajak dengan ikuti langkah-langkah berikut.

  • Persiapkan Persyaratan Dokumen yang Diperlukan
  • Register Akun Baru di Ereg Pajak e-Registration
  • Mengisi Formulir Pendaftaran
  • Print Formulir dan Surat Keterangan Terdaftar Sementara
  • Lengkapi Dokumen dan Kirim ke Kantor Pelayanan Pajak
  • dan Tunggu Status Pendaftaran; apakah disetujui atau ditolak

Jika status pendaftaran kamu ditolak, maka kamu harus memperbaiki data-data yang bisa saja ada yang kurang. Dan semisalnya status kamu diterima, maka kartu NPWP akan segera dikirim ke alamat rumah kamu maksimal 14 hari.

Bagi kamu yang masih bingung tentang cara pendaftaran NPWP, kamu bisa baca artikel kami lainnya tentang Cara Daftar NPWP secara Online disini.

Kegunaan NPWP bagi Karyawan

kegunaan NPWP karyawan

Selain merupakan kewajiban kita sebagai warga negara, banyak sekali kegunaan NPWP bagi karyawan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain

Memudahkan Pembuatan SIUP

Gak ada salahnya jika kamu sebagai karyawan ingin membangun sebuah usaha dan tentunya mempunyai Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) adalah sebagai bentuk bukti legalitas hukum badan usaha kamu. Untuk memiliki ini, salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah memiliki NPWP.

Memudahkan Pembuatan Paspor

Paspor merupakan dokumen resmi yang digunakan untuk melakukan perjalanan antar negara. Untuk memiliki dokumen penting ini, kamu harus memiliki NPWP terlebih dahulu.

Baca Juga: Kelebihan Paspor Elektronik dibandingkan Paspor Biasa

Mengurus Restitusi (Pengembalian) Pajak

Nah, bagi kalian yang kelebihan dalam membayar pajak dari jumlah yang seharusnya, tentu dapat dengan mudah mengurus restitusi pajak dan ini hanya bisa dilakukan oleh Wajib Pajak yang sudah memiliki NPWP.

Mengajukan Pengurangan dalam Membayar Pajak

Bagi Wajib Pajak yang merasa bahwa gajinya sudah pas-pasan dan merasa keberatan atas jumlah pajak yang harus disetorkan, dapat mengajukan pengurangan pembayaran pajak.

Potongan Pajak Lebih Rendah

Dengan memiliki NPWP, kamu juga mendapatkan jumlah pajak yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak memiliki NPWP. Dimana sesuai aturan perpajakan tarif PPh 21 bagi wajib pajak yang memiliki NPWP mendapatkan potongan 20% lebih rendah.

Dan masih banyak lagi kegunaan NPWP yang tidak bisa disebutkan satu per satu. Intinya dengan adanya NPWP selain menjadi identitas Wajib Pajak, juga dapat mempermudah administrasi yang ada dan mempermudah urusan perpajakan.

Lalu, bagaimana cara membuat NPWP bagi yang belum bekerja? Apakah harus memiliki NPWP? Nah, untuk penjelasan lebih lanjut, bisa baca selengkapnya disini ya!