Apakah anda saat ini merasa bingung apa yang dimaksud dengan NPWP? Apakah saat ini anda kesulitan untuk mendapatkan NPWP, hingga merasa patah semangat, sehingga anda tidak lagi berharap memiliki NPWP, ingin tahu bagaimana mendapatkan NPWP apa saja Syarat Membuat NPWP Karyawan? Simak ulasan berikut ini.

Membayar pajak adalah kewajiban bagi Warga Negara Indonesia yang memiliki penghasilan baik itu sebagai wiraswasta maupun berprofesi sebagai pegawai atau karyawan namun tidak sedikit masyarakat yang belum memenuhi kewajiban tersebut, bagi warga negara yang baik, alangkah baiknya kita menunaikan kewajiban kita sebagai warga negara Indonesia dengan membayar pajak.

Untuk bisa membayar pajak maka setiap orang wajib memiliki NPWP, maka tak heran jika seorang karyawan di sebuah perusahaan wajib memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), dan hampir semua perusahaan kini mewajibkan kepada para pegawai untuk memiliki NPWP.

NPWP adalah nomor yang diberikan kepada wajib pajak (WP) sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

Baca Juga: Syarat Membuat NPWP Pribadi Terbaru

Bagi yang sudah memiliki NPWP maka akan diberikan sebuah kartu, kartu tersebut dibuat di kantor pajak sesuai dengan domisili (tempat tinggal) dan proses pembuatan NPWP ini cukup cepat, hanya membutuhkan kurang lebih 1 hari kerja dengan semua persyaratan harus sudah lengkap, jika persyaratan belum lengkap maka pembuatan NPWP belum bisa diproses.

Syarat Membuat NPWP Karyawan

Syarat-syarat membuat NPWP karyawan, sebenarnya cukup sederhana dan tidak membutuhkan banyak dokumen yang rumit:

1. Fotokopi Identitas Pribadi

Untuk Warga Negara Indonesia (WNI) Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan untuk Warga Negara Asing (WNA) yang bekerja di Indonesia bisa menggunakan Fotokopi paspor, Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP).

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan KTP Elektronik

2. Fotokopi SK PNS atau fotokopi Surat Keterangan Kerja dari Tempat Anda kerja

Fotokopi surat keterangan dari perusahaan yang menyatakan bahwa yang bersangkutan benar-benar merupakan karyawan di sebuah perusahaan tersebut.

3. Mengisi Formulir Pendaftaran NPWP (Sudah Tersedia di Kantor Pajak atau Online)

syarat membuat npwp karyawanJika mendaftar secara Online, wajib pajak tinggal mengisi di formulir yang sudah disediakan atau jika mendaftar langsung ke kantor pajak bisa meperoleh formulir pendaftarannya di bagian pembuatan NPWP.

Selain datang ke kantor pajak, anda bisa membuat NPWP secara online, yang juga gratis tidak dipungut biaya sedikitpun. Cara membuat NPWP online adalah dengan menggunakan fasilitas layanan e-registration kantor pajak yang bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun asalkan terhubung dengan sambungan internet.

Nah, bagi karyawan yang belum memiliki NPWP, lebih baik segera membuatnya di kantor pajak setempat. Dengan memiliki NPWP, gaji karyawan dibebani potongan PPh 21 lebih rendah 20 persen dibanding mereka yang tak memiliki. Lalu Apakah NPWP penting?

Seberapa penting NPWP untuk karyawan…?🤔🤔🤔

  • Memudahkan Kredit Bank

Jika ingin mengajukan setiap kredit, termasuk KPR, bank mewajibkan calon debitur memiliki NPWP, atau jika calon nasabah ingin mengajukan kartu kredit dengan limit besar, pihak bank juga akan menanyakan NPWP sebagai syarat utama. Setiap karyawan tentu paham betul bahwa kredit bank merupakan salah satu hal yang mungkin tak bisa dihindari karena alasan tidak bisa membeli semuanya terutama rumah dan kendaraan secara kontan, sehingga mereka membeli semuanya dengan cara kredit bank.

  • Memudahkan Membuka Rekening Tabungan

syarat membuat npwp karyawanSebagian bank saat ini sudah mulai menerapkan persyaratan kepemilikan NPWP bagi calon nasabah syarat ingin membuka rekening tabungan, meskipun bukan sayarat yang wajib, membuka rekening dengan NPWP akan mempermudah.

  • Mengurus Restitusi (Pengambilan) Pajak

Bagi wajib pajak yang mengalami kelebihan saat membayar pajak dari jumlah seharusnya, mereka bisa mengurus pengembalian dari selisih yang terlanjur disetor ke kantor pajak, tetapi harus memiliki NPWP.

  • Mengajukan Pengurangan Pembayaran Pajak

syarat membuat NPWPBagi Wajib pajak yang merasa keberatan atas jumlah pajak yang harus disetor atau ingin mengajukan pengurangan pembayaran. Hal ini mungkin dilakukan hanya jika wajib pajak memiliki NPWP.

  • Potongan Pajak Lebih Rendah

Karyawan yang memiliki NPWP juga mendapat keuntungan dalam hal besaran potongan pajak penghasilan yang lebih kecil. Sesuai dengan aturan perpajakan tarif PPh 21 bagi wajib pajak yang tidak memiliki NPWP adalah 120 persen, atau 20 persen lebih tinggi dari pemegang NPWP.

  • Memudahkan Memantau PPh 21

syarat membuat npwpDengan memiliki NPWP, setiap karyawan bisa mendatangi kantor pajak setempat untuk mengetahui berapa PPh 21 yang harus dibayar, sekaligus mengecek apakah PPh 21 sudah dipotong atau disetorkan oleh perusahaan atau belum.

Setelah mengetahui pentingnya NPWP bagi karyawan, lalu bagaimana dengan syarat-syarat membuat NPWP karyawan khususnya? Apakah membutuhkan dokumen yang bejibun banyaknya dan melalui proses yang rumit?

Langkah-langkah dalam membuat NPWP secara online adalah :

  • Masuk ke website resmi Direktorat Jendral Pajak (DJP) RI di www.pajak.go.id,
  • Selanjutnya cari dan klik tautan e-registration di bagian DJP Online, atau bisa juga langsung menuju ke alamat https://ereg.pajak.go.id.
  • Login bagi yang sudah memiliki akun, atau buat akun terlebih dahulu dengan email aktif untuk mendaftar
  • Isi setiap bagian formulir pendaftaran, terutama yang wajib diisi.

Tunggu formulir pendaftaran diproses DJP Online (biasanya membutuhkan kurang lebih 14 hari kerja). Jika memungkinkan proses bisa lebih cepat, wajib pajak bisa meluangkan waktu untuk mendatangi kantor pajak setempat untuk membuat NPWP secara langsung dengan mengkuti langkah-langkah berikut:

Langkah-langkah dalam membuat NPWP secara langsung dengan datang ke kantor pajak setempat.

  • Datang ke kantor pajak setempat (tanpa diwakilkan) dan menuju ke bagian pembuatan NPWP.
  • Bawa persyaratan pembuatan NPWP pribadi anda.
  • Isi formulir dengan data yang valid, terkhususnya bagian identitas diri wajib pajak, alamat, sumber penghasilan, kisaran penghasilan, dan jumlah tanggungan.
  • Jangan sungkan atau malu bertanya pada petugas pajak jika mengalami kesulitan dalam mengisi formulir pendaftaran.
  • Setelah lengkap serahkan formulir beserta dokumen persyaratan. Berkas NPWP anda akan diproses hari itu juga, namun biasanya surat keterangan tersebut (SKT) dan kartu NPWP akan dikirim ke alamat yang terdaftar melalui jasa pengiriman pos indonesia.

Baca Selengkapnya Cara Membuat NPWP Lengkap Disini (Khususnya bagi Kamu Yang Belum Bekerja)

Setelah SKT dan NPWP anda diterima, sejak saat itu wajib pajak yang bersangkutan memiliki hak dan kewajiban sesuai Undang-Undang Perpajakan, hak dan kewajiban anda sebagai wajib pajak di antaranya adalah melaporkan surat pemberitahuan (SPT) Tahunan maupun membayar PPh 21.

Dalam pembayaran PPh 21, perusahaan akan menghitung berdasarkan penghasilan karyawan dalam setahun dan memotong dari gaji anda setiap bulannya,

Persyaratan membuat NPWP Karyawan yang kami berikan diatas adalah persyaratan umum dalam membuat NPWP, namun terkadang ada persyaratan tambahan yang harus dilengkapi sesuai kebutuhan kantor pajak wilayah anda, hindari pembuatan NPWP melalui calo atau lainya karena pembuatan NPWP tidak rumit dan tidak dikenakan biaya sedikitpun. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa membantu anda dalam membuat NPWP.