Bisnis Online biasanya tidak akan terlepas dari yang namanya SEO. Karena begitu banyak manfaat SEO yang bisa didapat untuk perkembangan bisnis online Anda. Jadi jangan heran, perusahaan sekelas nasional pun kini mulai berbondong-bondong menggunakan SEO Service yang ada untuk menunjang sektor bisnis mereka.

Contohnya begini, bisnis online Anda anggap saja seperti sebuah toko. Search Engine (seperti Google, Bing, dll) layaknya jalan yang ada di depan toko Anda, dan SEO (Search Engine Optimization) seperti lalu lintas.

Ketika sobat membuka toko dipinggir jalan, tanpa adanya lalu lintas yang melewati jalan tersebut maka tidak akan ada potensial terjadinya transaksi. Tetapi ketika Anda membuka toko dipinggir jalan dengan lalu lintas yang padat, maka ada kesempatan besar untuk terjadinya transaksi.

Begitu pula dengan bisnis online Anda, ketika sebuah situs tidak ditunjang dengan fondasi SEO yang mumpuni maka potensial datangnya traffik sangatlah minim, apalagi untuk terjadinya transaksi.

Baca Juga: Cara Dasar Meningkatkan SEO Website Bisnis Anda

Oleh sebab itu, bagi setiap pemilik bisnis online yang ada sangat disarankan untuk mempelajari dasar-dasar SEO yang ada. Bukan berarti harus jago di bidang SEO, melainkan pelajari agar bisnis Anda dapat survive dari arus kompetisi yang begitu sengit.

Apalagi dunia online saat ini tidak seperti tahun-tahun lalu, karena kini makin banyak pemilik bisnis yang go online bahkan pelaku IMers sendiri yang membangun bisnis online-nya sendiri.

Udah pada melek dikit kan? hehe 😅. Jadi daripada basa-basi panjang, berikut adalah manfaat SEO bagi bisnis online Anda agar dapat survive jangka dalam panjang, menjaring banyak visitor hingga meningkatkan nilai konversi penjualan Anda.

Ada Banyak Orang yang Dapat Mengakses Produk atau Jasa Bisnis Anda

Menurut data Tetra Pak Index dan APJII, pada tahun 2016 sekitar 132 juta pengguna internet di Indonesia, dimana didominasikan oleh Generasi Millenial dan Generasi Z yang merupakan generasi yang lahir di era digital yang sudah pasti gadget dan belanja online merupakan bagian hidup mereka.

Bayangkan! Hampir setengah dari masyarakat Indonesia menggunakan Internet dan berbelanja online dalam kesehariannya dan ini merupakan salah satu nilai plus dari pemanfaatan SEO dalam dunia bisnis.

Baca Juga: Peluang Bisnis Rumahan yang Cocok bagi Ibu Rumah Tangga!

Karena apabila situs bisnis online Anda dapat teroptimasi SEO dengan baik, maka siap-siap produk/jasa bisnis sobat dapat diakses hingga ribuan bahkan jutaan customer setiap harinya dari 132 juta netizen Indonesia tadi.

Lebih Mudah Meningkatkan Konversi Penjualan

manfaat seo bagi bisnis onlineTraffik yang berdasarkan Search Engine cukup berbeda dengan traffik yang berdasarkan media sosial, karena traffik yang berdasarkan sosial media biasanya memiliki behavior (tingkah laku) untuk berkomunikasi antar sesama pengguna.

Berbeda dengan traffik yang berasal dari Search Engine, yang biasanya memiliki behavior untuk mencari sesuatu yang mereka inginkan sehingga dalam keadaan seperti itu Anda dapat lebih mudah menyampaikan secara detail mengenai bisnis sobat dibanding mereka yang dari awal tujuannya hanyalah berkomunikasi (namanya juga sosial media 😜).

Oleh sebab itu, mengapa traffik SEO merupakan sumber konversi terbaik untuk meningkatkan penjualan dibandingkan sumber traffik yang lainnya (termasuk traffik dari sosial media).

Baca Juga: Cara Meningkatkan Konversi Penjualan via Email Marketing

Efektif dan Jangka Panjang

Melebarkan sayap bisnis dengan menggunakan optimasi SEO saat ini masih merupakan kampanye terbaik dan efektif, walaupun belum menguasai SEO sepenuhnya, Anda pun dapat menggunakan Jasa-Jasa SEO yang bertebaran di dunia maya dengan budget yang terjangkau.

Memang budget yang dikeluarkan bisa sampai berjuta-juta (untuk yang profesional), tapi optimasi SEO merupakan kampanye jangka panjang sehingga walaupun sampai berbulan dan bertahun-tahun kedepan, dampak SEO terhadap perkembangan bisnis sobat masih terasa.

Apalagi jika ditangani dengan orang-orang profesional, budget iklan yang dikeluarkan tidak ada apa-apanya dibanding omzet yang akan didapat dari optimasi SEO.

Tapi sebagai catatan. Omzet yang didapat, juga tergantung bagaimana kualitas produk/jasa bisnis Anda. Jadi jangan berpikir, kalau optimasi SEO langsung aja naik gitu. Ya enggak lah, ini juga tergantung bagaimana strategi yang digunakan dan manfaat bisnis Anda bagi customer.

Murah bahkan Gratis!

Seperti yang saya tulis diatas tadi, bila sobat belum menguasai SEO untuk optimasi bisnis Anda di Search Engine, maka gunakanlah Jasa SEO yang ada. Budget yang dikeluarkan pun cukup terjangkau, ada yang satu juta sampai yang belasan-puluhan juta pun ada.

Apalagi jika sobat sudah menguasai SEO walaupun hanya dasar-dasarnya saja, itu sudah menjadi nilai plus untuk meningkatkan transaksi penjualan. So, mulai hari ini carilah kawan-kawan dunia maya satu kota yang ahli SEO, temenan, ketemuan sambil sruput kopi, sharing tentang SEO deh. (lumayan tuh Free 😎).

Lebih enaknya lagi, dengan SEO itu bila sobat dapat menguasai SEO, dapat mendatangkan Traffik dengan gratis. Dibanding beriklan hanya untuk mendatangkan traffik dan meningkatkan konversi penjualan.

Membangun Kepercayaan dan Kredibilitas

Browsing sudah menjadi kebiasaan masyarakat di era digital ini, karena hampir setiap waktu orang-orang akan mencari apa yang ingin mereka cari melalui Search Engine yang ada.

Nah, oleh sebab itu apabila situs bisnis sobat dapat teroptimasi SEO dengan baik dan mendapatkan peringkat SERP yang tinggi, maka secara otomasi banyak khalayak umum yang akan mengenal brand bisnis Anda.

Dari ketidaktahu orang-orang terhadap bisnis Anda, lalu mulai mengenal logo bisnis Anda, muncul rasa percaya, lalu terbentuklah hubungan dekat (kepercayaan dan kredibilitas) antara Anda dan konsumen, di titik inilah konsumen akan gampang bertransaksi dengan sobat karena sudah adanya kepercayaan dan kredibilitas yang didapat dari SEO tadi.

Konsumen Lebih Mengetahui Tentang Bisnis Anda

Search Engine seperti Google adalah salah satu tempat yang paling sering digunakan oleh banyak orang untuk riset masalah sesuatu, termasuk meriset suatu produk atau jasa yang ingin dibeli sehingga membantu mereka untuk menemukan keputusan yang tepat.

Inilah salah satu alasan penting, mengapa situs bisnis online yang ada harus teroptimasi SEO dengan baik. Karena selain dapat bersaing dan dikenal oleh banyak orang, dengan SEO, Konsumen juga merasa dapat lebih mengenal seluk-beluk bisnis Anda.

Membangun Brand Awareness

Selain kepercayaan dan kredibilitas, dan sudah dibahas sebelumnya bahwa SEO juga dapat membangun Brand Awareness. Dengan kata lain, SEO dapat membantu orang-orang mengenal dan sadar akan bisnis yang sedang sobat bangun.

Mengapa Brand Awareness itu penting? Karena Brand Awareness dapat membantu calon konsumen Anda untuk selalu mengingat produk/jasa yang ditawarkan, terlebih disaat mereka sedang membutuhkan dalam keadaan tertentu.

Contoh, mengapa ketika Anda kekurangan stok Mie Instan, pasti langsung berpikir untuk pergi ke supermarket (entah Indomaret, Alfamart, atau yang lainnya sesuai selera sobat, hehe). Itu tak lain karena Brand Awareness yang kuat dari supermarket yang ingin Anda kunjungi.

Ketika suatu pengunjung sadar akan usaha bisnis baru seperti toko, mall, gym, sekolah, dan sebagainya. Itu berarti Brand Awareness berhasil. Itulah betapa penting Brand Awareness bagi sebuah bisnis, dan SEO dapat melakukannya.

SEO dapat Menerima Hingga 90% Traffik Organik dibanding PPC Advertisement

manfaat SEOBila dilakukan dengan baik, SEO bisa saja mengalahkan Iklan Berbayar. Karena faktanya hampir 90% orang-orang kebanyakan pengguna internet cenderung lebih suka melewatkan Iklan Berbayar.

Hal seperti ini bukanlah tanpa sebab, karena menurut ilmu Marketing kebanyakan orang-orang tidak suka dijuali.

No body likes to be Sold, but people loves shopping or buying! – Rezza Anggara

Maksudnya adalah mereka calon para konsumen sobat tidak menyukai jika terus dijadikan sebagai objek pemasaran bisnis Anda, tetapi jangan putus asa karena yang namanya manusia pasti tetap saja berbelanja.

Inilah salah satu alasan mengapa kini para pengguna internet sering mengabaikan iklan organik yang berada di Search Engine, karena rata-rata calon konsumen kini menyukai untuk mengunjungi berbagai situs yang sudah secara natural berada di page one Search Engine.

Mendorong Penjualan Offline

manfaat seoSEO juga memberi dampak positif bagi bisnis Anda di dunia nyata, jadi berbahagialah bagi sobat yang sudah memiliki toko/kantor secara fisik. Karena terkadang beberapa konsumen sendiri masih merasa nyaman apabila ia membeli suatu produk/jasa secara langsung dari tempatnya.

Seperti berbelanja barang-barang elektronik, menurut survei masyarakat Indonesia sampai saat ini masih belum nyaman ketika membeli suatu barang elektronik secara online. Karena seperti yang diketahui, barang-barang elektronik sensitif akan goyangan dan benturan.

Nah, disitulah peran SEO, orang-orang yang ingin membeli sebuah barang elektronik pasti akan meriset beberapa toko eletronik yang ada di kotanya agar dapat membelinya secara face to face.

Dan bagusnya lagi, ketika mereka meriset ada terpampang jelas situs bisnis Anda di layar gadget calon konsumen Anda. Itulah the power of SEO, yang dapat meningkatkan konversi penjualan secara online maupun offline.

Salah Satu Investasi Marketing Terbaik

Dan manfaat SEO yang paling penting untuk diketahui ialah SEO merupakan salah satu investasi marketing terbaik untuk dicoba. Karena jika dijabarkan secara satu per satu, SEO banyak sekali memiliki manfaat dan kelebihan yang bahkan tak akan bisa dijabarkan satu per satu.

Baca Juga: Manfaat Video sebagai Strategi Marketing Masa Depan

SEO adalah fondasi, ketika sekitar 250 juta situs merupakan kompetitor bisnis Anda. SEO adalah aset karena dengan SEO, Anda bisa meningkatkan follower, subscriber, dan traffik blog.

Dengan SEO, Anda juga mempunyai kesempatan untuk tumbuh dan berkembang ketika banyak pula kompetitor Anda yang juga menggunakan SEO. Jadi, cepat atau lambat, ketika sobat tidak menggunakan Search Engine untuk mengembangkan bisnis, maka bisa saja ladang bisnis sobat dilibas oleh kompetitor Anda.

Ketika Anda berhadapan dengan perusahaan besar yang dengan sigap dapat menggiling bisnis sobat, dengan SEO Anda memiliki keunggulan dibanding perusahaan yang biasanya hanya mengandalkan iklan AdWords untuk mendapatkan ranking yang lebih tinggi.