Banyak sekali yang bisa kita temui tentang manfaat menggunakan Google AMP, dimana salah satu manfaat yang bikin Google AMP jadi lumayan trending dikalangan para blogger dan webmaster ialah dapat mempercepat loading website.

Seperti yang kita tahu, bahwa masalah yang paling sering dihadapi oleh pengguna internet terutama bagi pengguna internet di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia adalah … ke-lola-an (ke-loadinglama-an) … ?

Mulai dari kecepatan internet yang lelet atau kadang juga kecepatan internet sudah mumpuni tapi beban halaman website yang dikunjungi berat,… yang pada akhirnya sama aja ujung-ujungnya jadi lola (loading lama). Oleh sebab itu, maka muncul inovasi Google yaitu dengan meluncurkan Accelerated Mobile Pages.

Accelerated Mobile Pages atau sering kita sebut atau disingkat AMP adalah salah satu tujuan dan inovasi baru untuk menciptakan website yang super kencang di perangkat mobile seberapun kecepatan internet sobat.

Saat baru-baru launching, memang gak terkenal banget dan kurang booming, tapi jangan anggap remeh sebab kini pun perusahaan sekelas Twitter, Adobe, New York Times, News Corp, dan Washington Post mulai mendukung adanya proyek semacam ini.

Makanya gak usah heran lagi, saat ini sudah banyak media-media besar sampai kebanyakan blog di indonesia sendiri sudah banyak memakai AMP. Karena bayangkan saja, rata-rata kecepatan loading laman versi AMP 85% lebih cepat dibanding laman non-AMP. Itu baru saja 1 manfaat dari penggunaan Google AMP.

But, wait wait wait, manfaat menggunakan Google AMP cuma gitu doang? Modal cepet aja? Ya gak dong, setidaknya ada 5 manfaat menggunakan Google AMP bagi website yang sudah kami rangkum, mulai dari blog biasa hingga buat bisnis online Anda.

Meningkatkan Loading Website bagi Pengguna Mobile

Loading cepat memang merupakan ciri khas dan manfaat utama dari sebuah situs AMP. Apalagi hasil studi mengatakan mobile user dari seluruh dunia rata-rata akan meninggalkan situs web yang loadingnya bisa memakan waktu lebih dari 3 DETIK SAJA! Hanya 3 detik saja sob, dan jika loading web seketika lebih dari 3-5 detik,… Buffhhh anda kehilangan visitor Anda!

Bayangin, betapa serius tantangan kita sebagai blogger, publisher maupun pebisnis online kedepannya. Bisa dikatakan Visitor adalah Raja sebab apapun yang mereka inginkan, sekecil apapun yang mereka lakukan, bisa langsung berdampak pada situs Anda, entah dampak positif atau negatif.

Meningkatkan Peringkat Search Engine (khususnya pencarian Mobile)

Walaupun AMP belum secara resmi menjadi faktor peningkat skor SEO, tetapi sebenarnya ada kelebihan AMP yang dapat meningkatkan SERP maupun SEO, antara lain mobile friendliness (ramah bagi mobile) dan page load (pemuatan/loading halaman) yang cepat.

Baca JugaCara Dasar Meningkatkan SEO Pada Website Bisnis

Apalagi ditambah Google telah meluncurkan fitur yang bernama Mobile First-Index, dimana secara umum hasil penelusuran dan indexing di perangkat mobile (Mobile SERP) akan lebih cepat update dibanding penelusuran di perangkat Desktop.

So, bisa dipastikan dengan jelas, situs yang ramah terhadap mobile user, responsif, apalagi mengimplementasikan AMP pada website bisa jadi lebih mudah dan lebih cepat terkena perbaharuan indeks di hasil penelusuran mobile.

Meningkatkan Visibilitas bagi Publisher

Hasil penelusuran mobile biasanya jelas akan menampilkan website versi AMP dengan simbol tanda petir, hal ini dimaksud agar pengguna dapat membedakan mana situs yang sudah versi AMP dan situs non-AMP.

Adanya simbol AMP pada hasil penelusuran sebenarnya dapat membawa dampak positif dan keuntungan besar bagi situs yaitu pada sisi visibilitas website di hasil penelusuran, sebab selain website tampak menonjol dan lebih unggul dibanding website non-AMP lain, pengguna pasti secara berangsur-angsur akan selalu mencari situs berlambang AMP untuk menghemat waktu.

manfaat menggunakan Google AMP
Contoh tanda/simbol AMP di hasil penelusuran Google

Selain itu, sebagai bentuk dukungan, Google SERP mulai munampilkan konten AMP dengan mendominasi visual carousels yang keren di setiap hasil pencarian Google. Contohnya bisa sobat lihat dibawah ini:

manfaat menggunakan google amp
Contoh Visual Carousels (slide awal) dan Konten Situs versi AMP (slide akhir)

Dengan visual carousels, tentu konten akan terlihat secara alami di hasil penelusuran dan akan menarik perhatian banyak pengguna diluar sana. Dan bisa jadi secara signifikan atau perlahan dapat meningkatkan traffik website Anda.

Walaupun memang sih dukungan Google berupa visual carousel belum mendukung di setiap hasil pencarian, tapi biasanya visual carousels ini sering terdapat di topik hangat terkini dan yang paling sering dicari oleh banyak warganet/netizen.

Telah Mendukung Periklanan (khususnya Google Ads)

Selain mempercepat loading web, AMP kini juga telah mendukung dan berkejasama dengan berbagai jaringan iklan dan perusahaan teknologi ternama.

Hal ini dimaksud agar konten AMP dapat bersaing dengan konten non-AMP, dalam sisi UI (user interface) maupun UX (user experience), termasuk agar terlihat ideal walaupun dengan berbagai macam jenis iklan yang ditampilkan.

Bahkan baru-baru ini, Google Adsense telah meluncurkan fitur ujicoba terbaru melalui Adsense Lab. Bagi yang belum tahu, Adsense Lab adalah tempat untuk menemukan fitur yang masih dalam ujicoba sekaligus memberikan masukan kepada Google tentang fitur ujicoba tersebut, dan salah satu fitur ujicoba yang baru-baru diluncurkan ialah Iklan Otomatis AMP.

Biasanya bagi sobat yang sudah memiliki Google Adsense dan website yang valid AMP, pasti akan mendapatkan fitur ujicoba tersebut.

Fitur Adsense Lab Iklan Otomatis AMP ini akan secara otomatis menempatkan iklan di laman AMP yang diprediksi akan menghasilkan pendapatan yang tinggi. Walaupun begitu fitur ujicoba ini masih dalam tahap beta dan bisa saja diberhentikan kapan saja, jadi belum terjamin bro, tapi sekedar spoiler yo!

Meningkatkan Kinerja Server

Selain kelebihan AMP yaitu dapat meningkatkan loading website, AMP juga dapat mengurangi beban pada server website sehingga dapat meningkatkan performa server sobat.

Terlebih lagi, Google telah menyediakan AMP Cache yang merupakan proxy-based content delivery network (CDN) untuk mempermudah menyampaikan dokumen AMP yang valid kepada pengguna. Atau secara sederhananya AMP Cache dirancang untuk menyediakan Halaman AMP yang valid dan mengizinkan Halaman AMP agar dimuat secara efisien dan aman.

AMP cache
AMP Cache | Photo by ampproject.org

Bagi yang masih bingung, apa hubungan antara AMP Cache dengan Meningkatkan Kinerja Server. Maka terlebih dahulu Anda harus tau Bagaimana Fungsi Cache?

Singkatnya, Cache berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara, sehingga apabila Anda ingin mengakses suatu website yang sudah dikunjungi sebelumnya, maka loading akses ke halaman situs tersebut akan menjadi lebih cepat karena browser tidak perlu lagi memuat ulang halaman karena hanya tinggal mengambil cache yang tersimpan.

Bedanya disini, Google AMP Cache hanya menyimpan data-data halaman yang memang telah valid AMP. Oleh sebab itu, gak usah heran mengapa rata-rata konten AMP dapat memuat hanya kurang dari 3 detik saja, karena walaupun pengguna belum mengunjungi situs Anda, tapi Google sudah terlebih dahulu menyimpan data-data situs sobat.

Selain itu, beberapa alasan lain mengapa Google AMP Cache dapat meningkatkan kinerja server, antara lain:

  • Dapat menyimpan data-data Gambar dan Font
  • Membatasi maksimum dimensi gambar
  • Mengkonversi format gambar menjadi lebih kecil agar ramah perangkat mobile
  • Mengubah gambar ke kualitas yang lebih rendah
  • Menggunakan saluran aman (HTTPS) dan protokol web terbaru (SPDY, HTTP/2)

Atau untuk lebih lanjut mendalami tentang AMP Cache, anda bisa tonton sekilas video dibawah ini tentang ‘Why AMP Caches Exist‘ (Mengapa AMP Cache Ada?). Kalau bingung karena video-nya bahasa inggris, bisa di setting subtitle otomatis ke bahasa Indonesia kok!

  • Iya bener banget mas afif.. Saya juga jadi kefikiran untuk rombak tempate agar jadi AMP.. Supaya loading nya gak bikin kesel pengunjung..

    Hampir 35% pengunjung saya hilang karena tingkat kecepatan loading blog saya lemah banget mas.

    Nice share

    • Iyo @kangwira:disqus apalagi sekarang pengguna mobile semakin banyak + load speed juga termasuk faktor SEO yang penting dan harus diperhatikan… Jadi ya, cepat atau lambat, kian hari juga makin banyak blogger yang mengimplementasikan AMP ? hehehe

      • kalau untuk wordpress sih enak mas.. tapi kalau untuk pengguna open source seperti blogger, kayaknya harus kerja keras buat rombak Template menjadi valid AMP.. hahaha

        • Iya mas, harus kuras tenaga betul-betul tuh ? makanya kalo saya sendiri mending langsung ganti template-nya… So cuma bisa bilang, Fighting Kang, hehe ?