“Sedikit demi sedikit menjadi bukit” merupakan salah satu kata mutiara yang sering kita dengar bahkan sejak dari masa kanak-kanak. Menabung memang banyak memiliki manfaat, walaupun menabung itu sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Menabung menjadi salah satu cara mengatur keuangan yang cukup populer sampai saat ini di kalangan masyakarat, terutama bagi mereka yang ingin mengindar dari hutang jika memiliki keperluan penting dan mendesak.

Baca Juga: Tips Menabung yang Efektif bagi Ibu Rumah Tangga!

Karena seperti yang kita tahu, tabungan merupakan alat penyimpan dan pengelolaan keuangan dalam jangka waktu yang panjang, sangat cocok untuk menjaga stabilitas keuangan dari keadaan yang tak terduga.

Tapi benarkah bila menabung merupakan cara yang paling efektif dan terbaik dalam mengatur stabilitas dan pengelolaan keuangan? Untuk mengetahuinya mari kita simak ulasan berikut mengenai manfaat menabung, cekidot!

Manfaat Menabung

Manfaat menabung memang begitu banyak terutama dalam membantu kehidupan finansial kita. Beberapa manfaat menabung secara umum yang sudah kami ringkas, antara lain

Independen Secara Finansial dan Tidak Ketergantungan

manfaat menabungDengan menabung, kita tidak hanya semata-mata menimbun harta kekayaan saja tetapi juga membuat kondisi finansial sobat dapat berdiri secara independen dan tidak bergantung kepada lembaga-lembaga keuangan yang ada diluar sana.

Maksud dari independen yakni sobat dapat dengan bebas dan mandiri mengatur perencanaan keuangan untuk memenuhi kebutuhan hidup tanpa terbebani kredit keuangan yang membengkak.

Memiliki tabungan juga dapat membuat kondisi keuangan sobat tidak bergantung kepada lembaga keuangan (pihak ketiga), seperti pergi ke Bank-Bank Umum hanya karena untuk meminjam uang.

Baca Juga: Cara Menabung di ATM Setoran Tunai, Tanpa Antre!

Karena dengan tabungan, anda dapat dengan mudah mencukupi segala kebutuhan, dan tentu sobat juga bisa mengelola uang itu kembali untuk investasi dengan cara memulai bisnis sendiri atau berinvestasi di sektor tertentu yang potensial.

Dapat Melunaskan Hutang

Memiliki tabungan tersendiri juga dapat memudahkan kita dalam melunaskan hutang-hutang yang ada. Jangankan dapat melunaskan hutang, dengan menabung pun kita juga bisa terhindar dari yang namanya hutang.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan dengan Tepat Agar Dapat Melunasi Hutang

Karena seperti tulisan diatas tadi, dengan memiliki tabungan, kita dapat dengan mudah mencukupi segala kebutuhan apapun termasuk membantu melunasi hutang-hutang yang lalu.

Mudah Menghadapi Biaya Bulanan hingga Tahunan

manfaat menabungSelain hutang, ada biaya-biaya lain yang mesti diperhatikan yaitu biaya bulanan hingga tahunan. Maksud dari biaya bulanan dan tahunan ini merupakan pengeluaran rutin dalam jangka waktu bulanan sampai tahunan.

Contoh pengeluaran rutin bulanan dan tahunan antara lain yakni biaya sekolah anak, pengeluaran rumah tangga, biaya asuransi kendaraan maupun kesehatan, belum lagi pajak, dan pengeluaran lainnya.

Pengeluaran rutin seperti diatas yang apabila tidak direncanakan dari sekarang, bisa saja membuat anda terpaksa untuk selalu menggunakan kartu kredit (berhutang) yang sebenarnya malah semakin menguncang stabilitas finansial teman-teman.

Dan untuk menghadapi biaya rutin diatas, salah satu cara efektif dan terbaik ialah dengan menabung. Bukan hanya dapat mengemat uang tetapi juga memberikan ketenangan pikiran, bebas finansial, dan bebas stres dibandingkan selalu memikirkan kredit yang selalu membengkak misalnya.

Bisa Menghadapai Pengeluaran yang Tak Terduga (Keadaan Darurat)

Pada titik tertentu, pasti kita akan menghadapi pengeluaran besar yang tak terduga dan tak pernah kita pikirkan sebelumnya.

Apakah itu pengeluaran untuk kesehatan, biaya perbaikan kendaraan, mengganti smartphone yang tiba-tiba rusak, banjir yang bisa saja datang merendam rumah, dan apapun itu (namanya juga pengeluaran yang tak terduga, hehe).

Anda Dapat Mengatasi Keadaan Bila Resign dari Pekerjaan / Kehilangan Pekerjaan

bisnis onlineMasa-masa buruk bisa terjadi kapanpun, termasuk bila sobat memutuskan resign dari pekerjaan atau memang kehilangan pekerjaan. Yang secara tak langsung bisa saja menganggu pikiran-pikiran sobat.

Jika teman-teman sampai merasakan keadaan seperti diatas maka sobat tentu harus memiliki tabungan untuk modal dalam memulai usaha baru atau mencukupi kebutuhan sehari-hari sampai kelak memiliki pekerjaan baru kedepannya.

Mendorong Anda untuk Terus Berinvestasi

kelebihan dari menabungKetika tabungan atau harta sobat sudah terhimpun begitu banyak, pasti teman-teman akan berpikir bagaimana mengelola harta yang sudah begitu menumpuk untuk bisa dikelola agar kedepan dapat menjadi pendapatan yang terus-menerus datang yakni dengan berinvestasi.

Bahkan mulai dari pepatah dan jutawan hingga milyuner yang memiliki harta melimpah ruah sering memiliki mindset bahwa menabung saja tidak cukup tapi juga harus dikelola untuk menambah harta yang ada dalam tabungan sobat.

Jika menabung dari gaji kantoran harus menunggu bertahun-tahun untuk mendapatkan tabungan hingga ratusan juta, namun dengan berinvestasi Anda dapat menambah kekayaan tabungan sobat hanya dalam beberapa bulan saja (bila direncanakan dengan baik).

Contohnya mungkin teman-teman bisa berinvestasi dalam bentuk emas yang dari tahun ke tahun harganya terus-menerus naik, atau sektor bisnis tertentu yang potensial untuk mendongkrak keuangan, tentunya investasi yang halal dong.

Belajar Hidup Sederhana dan Hemat

manfaat menabungMenabung juga mengajarkan kepada kita untuk berperilaku sederhana dan hemat, serta membuat sedikit demi sedikit perilaku boros kita menghilang. Tapi jangan salah kaprah bahwa menabung sama dengan perilaku pelit, justru sangat beda.

Justru dengan menabung sobat akan belajar untuk memprioritaskan pengeluaran yang wajib dikeluarkan dan berpikir dua kali untuk mengeluarkan uang demi kebutuhan yang tidak begitu dibutuhkan.

Atau sederhananya teman-teman akan belajar apa yang namanya hidup serba cukup. Yang berarti kita mesti memenuhi kebutuhan dimana kebutuhan itu tidak berlebihan bagi teman-teman dan tidak pula kekurangan.