Di dunia digital marketing sekarang, berbagai macam strategi marketing telah banyak digunakan dan salah satu marketing yang gak kalah populer ialah Email Marketing. Jadi sangat salah jika sobat menyangka bahwa email marketing udah gak ampuh, karena nyatanya begitu banyak manfaat email marketing yang didapat di era serba digital ini.

Email is 40 times more effective at acquiring new customers than Facebook or Twitter. – McKinsey

Bahkan manfaat email marketing menurut McKinsey, salah satu perusahaan konsultan terkemuka di dunia menyebutkan bahwa dengan Email ternyata 40x lebih efektif menggaet konsumen dibanding Facebook maupun Twitter.

Jangan heran pula dengan Email Marketing, sangatlah mungkin jika Anda dapat meningkatkan konversi penjualan hingga +3800%, bayangkan!

Salah satu hal mengapa Email sangat penting dijadikan sebagai tempat pemasaran adalah karena di era digital kita gak akan terlepas dari yang namanya Email. Orang-orang bisa saja tidak mempunyai Facebook, Twitter, Instagram, Line, atau WhatsApp, tapi cukup mustahil jika calon konsumen tidak mempunyai Email.

Ini masih merupakan salah satu manfaat Email Marketing secara umum, belum lagi manfaat-manfaat email marketing lainnya. So, langsung saja ke intinya, berikut adalah manfaat Email Marketing bagi perkembangan bisnis sobat

Email Marketing Merupakan Pemasaran yang Tertarget

manfaat email marketing
Iklan Tertarget adalah impian semua marketer, karena dengan iklan tertarget kita hanya fokus mempromosikan produk kepada konsumen yang memang tertarik dengan produk tersebut sehingga memungkinkan meningkatnya konversi penjualan.

Salah satu masalah ketika kita beriklan atau promosi ialah ternyata pemasarannya yang tidak tertarget sesuai planning. Tapi dengan email marketing, kita dapat mengontrol siapa-siapa saja yang akan melihat iklan yang sedang ditayangkan.

Misalnya ingin beriklan produk komestik, maka sobat bisa mengatur iklan agar dapat ditayangkan khusus kepada wanita saja. Atau ingin beriklan produk gamer, bisa juga ditayangkan khusus kepada pria saja.

Iklan yang ditayangkan tidak hanya sebatas berdasarkan jenis kelamin saja, bisa juga berdasarkan usia, lokasi, apa saja yang disukai dan masih banyak lagi. Dengan email marketing sobat juga bisa mengelompokkan data-data subscriber (kontak email pelanggan) berdasarkan kriteria tertentu.

Mungkin mengelompokkan berdasarkan lokasi, geografi, demografi, usia, atau jenis kelamin  sehingga dengan itu teman-teman bisa memasarkan konten secara khusus kepada konsumen.

Sehingga dengan demikian, sobat dapat meningkatkan konversi penjualan yang lebih besar karena pemasaran yang spesifik dibanding pemasaran yang bersifat umum seperti iklan di Televisi dan Radio.

Lebih Friendly dengan Konsumen

Maksudnya ialah dengan email marketing konsumen merasa lebih bersahabat dengan brand bisnis sobat dibandingkan dengan kampanye via lainnya. Karena seperti tulisan diatas tadi, email marketing merupakan kampanye yang bersifat spesifik dan personal.

Bahkan menurut survei dari Monetate, email marketing mendorong terjadinya konversi lebih besar dibandingkan pemasaran lainnya termasuk pemasaran di sosial media dan search engine.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Konversi Penjualan Melalui Email Marketing

Hal itu tidak lain karena konsumen merasa bahwa produk yang ditawarkan melalui email merupakan solusi, mengapa demikian?

Karena dengan email marketing Anda bisa melakukan pendekatan dengan konsumen sesuai karakter mereka masing-masing sehingga makin lama akan menganggap bahwa produk tersebut merupakan produk yang akan memberi solusi bagi mereka.

Lain hal-nya jika produk ditawarkan tanpa ada pendekatan seperti personalisasi layaknya email marketing, maka konsumen merasa bahwa produk tersebut hanya memberi untung kepada perusahaan saja dan konsumen hanyalah sebagai objek penjualan saja.

Ingat salah satu hukum jualan, konsumen tidak suka dijadikan sebagai objek penjualan, mereka hanyalah suka berbelanja. Konsumen itu bagaikan Raja loh, makanya gengsi-nya kadang ketinggian juga 😅

Hemat Waktu dan Biaya

manfaat email marketingOke, lanjut lagi ke pembahasan kelebihan email marketing lainnya yaitu hemat waktu dan biaya, kok bisa?

Salah satu hal yang paling bikin ribet dalam beriklan/promosi yakni selalu menghabiskan banyak waktu, belum lagi biaya iklan yang bisa aja membengkak. Tapi gak dengan email marketing, inilah salah satu manfaat email marketing yang bikin orang gak sesak nafas.

Dengan email marketing kita gak perlu lagi ke percetakan, cetak iklan (poster, baliho, spanduk, dll), promosi iklan, belum lagi gajiin sales-sales. Sobat hanya perlu memilih template, edit atau duplikat, dan berkampanye. Selesai deh!

Kinipun sudah banyak pula provider email marketing yang memiliki banyak fitur dalam layanannya, dengan fitur yang sangat beragam tersebut, sobat makin gampang banget dalam berpromosi via email marketing.

Meningkatkan Brand Awareness

manfaat email marketingSalah satu poin penting dalam membangun bisnis ialah yakni meningkatkan brand awareness dan seperti yang kita ketaui bahwa Brand Awareness juga penting dalam perkembangan bisnis sobat.

Mengapa email marketing dapat meningkatkan Brand Awareness?

Karena berbeda dengan marketing lainnya, dengan email marketing sobat dapat dengan mudah beriklan setiap bulan, minggu, hari, bahkan setiap jam sesuai perilaku, minat, dan ketertarikan konsumen.

Dengan iklan secara rutin sesuai jadwal yang ditentukan, pasti secara signifikan dapat meningkatkan peluang meningkatnya konversi penjualan, dari yang awalnya subscriber menjadi klien dan dari klien menjadi pelanggan setia sobat.

Laporan yang Lengkap dan Terukur

manfaat email marketing
laporan (report) adalah hal penting dalam dunia marketing

Dalam dunia marketing, laporan merupakan hal penting karena dapat menjadi bahan evaluasi untuk kedepannya dan tidak dilakukan dengan sembarangan, karena jangan sampai laporan analisa tersebut malah menghasilkan data-data yang ambigu.

Nah, email marketing tidaklah demikian, karena berbagai macam fitur yang disediakan oleh provider email marketing, sobat dapat memiliki laporan yang lengkap dan terukur. Seperti laporan persentase pengiriman, persentase siapa saja yang membuka kampanye email sobat, persentase klik, dan data retensi subscriber.

Dan yang paling penting yakni Anda dapat melihat perilaku dan minat pelanggan sobat, sehingga dalam pemasaran selanjutnya sobat dapat memantau strategi dan topik seperti apa yang ampuh untuk menggaet banyak konsumen.

Kesimpulan

Sehingga dengan ulasan singkat diatas, dapat kita simpulkan bahwa Email Marketing adalah salah satu alat marketing yang sangat penting termasuk bagi pelaku UMKM. Walaupun dalam dunia digital, email marketing lebih sering sebagai opsi alternatif bukan berarti kita gak harus mencobanya dong.

Email marketing adalah strategi pemasaran yang kredibel, tertarget, dan sangat hemat waktu dan biaya. Dan apabila dilakukan dengan baik, terencana, pendekatan strategis, dan dapat bimbingan langsung dari marketer ahli maka bisa saja meningkatkan pendapatan hingga 3.800%! Sangat fantastis bukan?

Email marketing disusul oleh video, social, dan search engine marketing merupakan salah satu digital marketing masa depan yang patut dicoba dan jangan ditunda-tunda lagi untuk terus praktek. Apalagi seiring bertambahnya pengguna internet terkhususnya di Indonesia, makin bertambah saingan pula dalam pemasaran online nantinya.

Untuk lebih mengenal jenis digital marketing lainnya, sobat bisa baca artikel kami berikut mengenai alasan mengapa kita harus menggunakan video marketing untuk kedepannya. Dan selalu ingat untuk terus pantengin artikel terbaru dari kami yo!

Oiya, bagi sobat yang berminat mencoba layanan email marketing, ada beberapa provider terpercaya yang patut dicoba yakni dari luar negeri adalah MailMunch (Free-Premium) dan dari dalam negeri adalah Kirim.Email (Premium). So, cus langsung dicoba dan praktek 👍👍👍