Masalah pinjaman modal usaha tak selalu identik maupun selalu berhubungan dengan jasa keuangan atau lembaga perbankan saja. Namun begitu banyak orang yang ingin terjun ke dunia bisnis malah kebingungan saat mencari cara mendapatkan dukungan permodalan. Padahal, masih banyak lembaga penyedia modal usaha lainnya yang bisa digunakan, bahkan melalui proses yang lebih mudah dan bunga yang jauh lebih rendah.

Harus diakui, adanya lembaga penyedia modal usaha adalah faktor penting yang dibutuhkan untuk menjalankan maupun mengembangkan bisnis. Namun tentunya modal bukanlah satu-satunya hal yang menentukan keberhasilan sebuah bisnis karena ada begitu banyak unsur yang turut mempengaruhi, seperti pasar, strategi promosi, hingga mentalitas diri sebagai pelaku bisnis.

Jika kamu merupakan pelaku bisnis atau tertarik untuk terjun ke dunia bisnis, di bawah ini ada beberapa lembaga penyedia modal usaha yang dapat kamu gunakan untuk membangun dan mengembangkan usaha yang sedang kamu rintis saat ini.

Lembaga Perbankan

lembaga penyedia modal usahaLembaga perbankan yang memiliki layanan jasa penyedia modal usaha terdiri dari berbagai jenis bank, salah satu contohnya adalah bank BPR.

Namun umumnya seleksi permohonan untuk mendapatkan modal usaha dilakukan dengan sangat ketat, terutama jika menyangkut kredibilitas usaha yang sedang kamu bangun. Lembaga keuangan ini biasanya sulit menerima permintaan untuk pembagunan usaha baru atau usaha yang belum dibangun sama sekali.

Semua orang tahu bahwa bank memang sangat terkenal dengan lembaga keuangan resmi simpan pinjam yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menyimpan dana, berinvestasi maupun meminjam dana.

Baca Juga: Cara Melunasi Pinjaman Bank dengan Strategi yang Tepat dan Efektif!

Namun Bagi kamu yang butuh modal usaha, bank bisa menjadi salah satu lembaga keuangan tepercaya untuk meminjam sejumlah dana. Tapi untuk meminjam dana di bank, kamu wajib punya aset berharga untuk dijaminkan.

Biasanya besaran bunga pinjaman tiap bank bisa berbeda antar bank, tergantung bagaimana kebijakan masing-masing bank meskipun semuanya mengarah pada kisaran suku bunga Bank Indonesia (BI).

Hampir setiap bank juga memiliki program khusus bagi para pengusaha atau calon pengusaha yang ingin mendapatkan pencairan dana dari mereka. Biasanya, bunga yang ditawarkan untuk pinjaman modal usaha lebih ringan dan mudah dibanding bunga pinjaman reguler.

Lembaga Keuangan Non-Bank

Sangat banyak lembaga semacam ini yang melayani permohonan kredit dalam bentuk barang, seperti pengajuan kredit mobil, komputer, maupun barang lainnya. Apabila kamu membutuhkan barang atau perangkat lain dalam mendukung kegiatan usaha, kenapa tidak memanfaatkan layanan ini? Selain prosesnya cukup mudah, sistem kredit juga akan meringankan beban modal usaha yang dibutuhkan.

Mengajukan ke Investor

lembaga penyedia modal usahaCara mendapatkan pinjaman modal usaha lainya adalah dengan membuat proposal penawaran tentang bisnis yang kamu jalankan kepada investor perorangan yang berminat. Saudara, teman, ataupun kolega yang mungkin memiliki dana lebih dapat menjadi sumber pinjaman modal usaha kamu. Apalagi jika usaha yang kamu bangun memang prospektif.

Lembaga Koperasi

lembaga penyedia modal usaha
photo by detikriau.org

Koperasi juga merupakan lembaga simpan pinjam selain bank. Ada banyak koperasi simpan pinjam yang juga pempersiapkan layanan pinjaman modal. Tapi untuk mendapatkan modal usaha dari koperasi, tentunya kamu harus terlebih dahulu menjadi anggotanya, dan itu bukan hal yang sulit.

Ini memang berbeda dari lembaga-lembaga penyedia modal usaha lainnya, terkhususnya bank. Selain itu, di koperasi kamu juga bisa mendapatkan Sisa Hasil Usaha (SHU). Biasanya, jika pinjaman lumayan tinggi maka SHU yang didapat juga lebih besar dibanding anggota koperasi yang tidak melakukan peminjaman.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

lembaga penyedia modal usaha
photo by presidentpost.id

Sesuai seruan pemerintah, BUMN umumnya menyediakan sekitar 2% dari keuntungannya untuk membantu pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Apabila kamu termasuk kelompok UKM, kamu bisa mengajukan pinjaman modal ke BUMN karena bunganya yang begitu rendah dan berbagai fasilitas yang sangat mendukung pengembangan bisnis pelaku UKM.

Jasa Pinjaman Uang

Jika kamu sering membaca ruang iklan melalui media massa cetak seperti koran, majalah, dan poster yang bertebaran di pinggir jalan, biasanya tak sedikit tawaran yang menyediakan pinjaman uang.

Jasa seperti ini umumnya mengenakan bunga yang tidak tinggi, dengan meminta adanya agunan yang nilainya setidaknya setara dengan jumlah pinjaman, tentu menjadi keuntungan bagi kamu untuk mengembangkan usaha bisnis yang sedang dirintis.

Tapi pinjaman modal usaha dari jasa semacam ini mengandung risiko yang cukup tinggi ditambah lagi masih kurangnya kredibilitas, sehingga sebaiknya kamu jadikan saja sebagai opsi terakhir setelah cara-cara lain yang kamu lakukan tak membuahkan hasil.

Pegadaian

lembaga penyedia modal usaha
photo by id.wikipedia.org

Pegadaian adalah lembaga keuangan lain yang dapat membantu kamu mendapatkan modal usaha. Tapi, untuk mendapatkan pinjaman dana dari pegadaian, kamu harus membawa barang berharga milik kamu untuk digadaikan.

Jenis barang yang dijaminkan untuk peminjaman dana melalui lembaga ini jauh lebih variatif dibanding dengan peminjaman pada bank. Seperti kamera, laptop, perhiasan emas, sepeda motor ataupun benda berharga lainnya.

Jika semakin besar taksiran nilai barang, maka semakin besar pula dana yang bisa diperoleh. Tapi jika hingga tanggal jatuh tempo pinjaman belum dilunasi maka barang jaminan akan diambil hak miliknya oleh pegadaian.

Leasing

Leasing atau sewa guna usaha adalah kegiatan pembiayaan dalam bentuk pinjaman modal dengan kesepakatan atau perjanjian di awal. Perusahaan yang butuh barang modal tambahan untuk melebarkan bisnisnya bisa mendapatkan bantuan melalui leasing. Setelah melewati proses-proses leasing selesai, perusahaan dapat mengembalikan atau membeli barang modal tersebut.

Seluruh sistem peminjaman sudah diatur oleh perusahaan pengelola sehingga kamu tidak perlu pusing-pusing mencari investor karena semua proses pencarian dana yang diajukan dilakukan langsung oleh pihak perusahaan penyedia jasa peer lending (P2P Lending). Karena melalui perusahaan penyedia jasa, maka kamu juga tidak perlu lagi bertemu langsung dengan investor yang menyediakan modal pinjaman untuk keperluan bisnismu.

Kenapa kita Membutuhkan Lembaga Penyedia Modal Usaha? 🤔🤔🤔

lembaga penyedia modal usaha
by reddit.com

Memulai usaha adalah salah satu peluang saat ini untuk bisa maju dan sukses. Hal itu di imbangi juga dengan banyaknya modal pinjaman baik dari perbankan maupun dari lembaga uang lainnya.

Perlu kamu ketahui bahwa saat ini hidup sebagai seorang pegawai tidak lagi menjadi satu-satunya pilihan untuk mencari nafkah, mengingat rasio jumlah pengangguran saat ini jauh lebih besar jika dibandingkan dengan jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia.

Sebagai seorang masyarakat yang cerdas tentu kamu bisa melihat begitu banyak peluang bahwa daripada menginvestasikan hidup kamu sebagai seorang pegawai lebih baik menginvestasikan waktu dan hidup kamu sebagai seorang pengusaha.

Walaupun hanya sebatas sebagai penghasil tambahan, itupun tak apa. Selain kamu bisa menjadi bos untuk diri kamu sendiri, kamu juga dapat membantu dalam menyediakan lapangan kerja untuk mereka yang memang sangat membutuhkan.

Saat ini di Indonesia sudah sangat banyak perusahaan yang menyediakan jasa peer lending (P2P Lending). Hal ini dikarenakan orang Indonesia sudah mulai sadar betapa pentingnya investasi dan banyak pula yang memutuskan untuk berubah haluan menjadi seorang pengusaha, karena masih banyaknya prospek usaha yang bisa dijalankan.

Ini membuktikan bahwa paradigma lama tentang sekolah, lulus, kerja dan jadi pegawai itu sudah tidak penting lagi. Karena tren berwirausaha saat ini sudah semakin meningkat terutama di kalangan anak muda sehingga banyak sekali bermunculan jiwa-jiwa kreatif dan peer to peer lending hadir sebagai solusi aman dan terpercaya bagi mereka.