Setelah sebelumnya kita sudah membahas tentang manfaat dan keuntungan e-KTP, maka kali ini gak salah juga jika kita akan membahas yang namanya e-Paspor. Yup, kita akan mengulas lengkap apa saja keuntungan e-Paspor dibandingkan Paspor biasa.

E-Paspor mulai diberlakukan penggunaannya oleh Pemerintah Indonesia sejak tahun 2013 hingga kini. Di dalam Paspor Elektronik terdapat chip yang memiliki data-data biometrik berisikan lengkap data-data diri kita.

Data Biometrik ini gak dikeluarkan sembarangan, melainkan dibuat berdasarkan standar yang dikeluarkan oleh International Civil Aviation Organisation (ICAO) yang merupakan lembaga penerbangan internasional PBB.

Data Biometrik yang dikeluarkan oleh ICAO pun sudah digunakan oleh banyak negara seperti Australia, Malaysia, Jepang, Inggris, Amerika Serikat, Selandia Baru, Swedia, dan masih banyak lagi.

Jadi, bisa dibilang kaya SNI gitu, tapi ini udah Standar Internasional. Sehingga e-Paspor yang dibuat harus berdasarkan Standar Internasional yang dikeluarkan oleh ICAO. Penjelasan sederhananya kira-kira seperti itu.

Manfaat dan Keuntungan e-Paspor

Walaupun begitu, tentu masih banyak lagi keuntungan e-Paspor yang didapat dibandingkan Paspor biasa pada umumnya. Yakin mau tau banget? Untuk lebih lengkapnya, jangan lupa untuk terus simak ulasan berikut sampai tuntas!

Memiliki Data yang Lengkap & Akurat

keuntungan e-pasporSama seperti e-KTP, salah satu keuntungan e-Paspor yakni memiliki data biometrik dimana bisa menyimpan banyak sekali data identitas pemilik. Bahkan sampai mencakup sidik jari hingga wajah pemilik paspor yang mudah dikenali melalui pemindaian.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan e-KTP Indonesia

Dengan demikian, secara tidak langsung Paspor elektronik juga memberi dampak positif bagi Pemerintah dan Pengelola Bandara untuk meningkatkan keamanan dari para kriminal kelas kakap yang kerap kali kabur ke Luar Negeri.

Data e-Paspor Tidak Dapat Dipalsukan

kelebihan e-paspor
Ilustrasi Pemindaian Wajah

Walaupun paspor elektronik kaya akan data-data identitas Anda, e-Paspor sudah dibekali pengaman berupa Chip yang tertanam didalam e-Paspor sehingga sangat menjamin dalam menjaga data-data pribadi kamu.

Berbeda dengan Paspor biasa, dimana walaupun hanya berisi data-data pribadi yang sederhana dan tidak se-kompleks Paspor elektronik. Paspor biasa malah lebih mudah untuk dipalsukan dibandingkan dengan e-Paspor.

Tapi jangan sampai Chip pada e-Paspor sampai rusak ya? Karena apabila Chip pada e-Paspor rusak, maka konsekuensinya tentu tidak dapat digunakan kembali. Jadi, hati-hati untuk merawat e-Paspor ya!

Lebih Mudah Mendapatkan Persetujuan Visa

kelebihan paspor elektronik
Image by Mashed Radish

Jika ingin berkunjung ke Luar Negeri maka kamu sangat dianjurkan untuk memiliki e-Paspor, mengapa demikian? Karena e-Paspor memiliki data yang lengkap dan akurat seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi, sehingga lebih dipercaya untuk diverifikasi oleh kedutaan.

Berbeda dengan Paspor biasa pada umumnya, kedutaan negara yang ingin dikunjungi butuh waktu lebih untuk memverifikasi data-data yang ada di Paspor Anda. Karena harus memvalidisasi data-data yang ada sehingga dapat dipertanggung-jawabkan.

Bebas VISA!

manfaat e-pasporNah, keuntungan e-Paspor yang paling JOSS, dan pasti bikin iri dan gak akan bikin nyesel yakni kamu bisa mendapatkan Visa GRATIS!

Biasanya jika ingin pergi ke luar negeri mesti mengurus visa dan membutuhkan biaya yang cukup mahal, maka beruntunglah yang memiliki e-Paspor. Karena ada beberapa negara yang membebaskan Visa khusus hanya pemegang e-Paspor loh! Salah satunya ialah Jepang.

Dan dengan memiliki Visa Jepang, jika kamu masih ingin travelling keliling negara lain lagi maka kamu masih berkesempatan untuk bebas pergi-pulang ke Korea Selatan dan Taiwan lho!

Walaupun program Bebas Visa ini masih terbatas di beberapa negara tertentu, tapi tidak menutup kemungkinan bila kedepan nanti ada pula negara lain yang membuka akses bebas Visa bagi WNI nantinya.

Tidak Memakan Waktu Lama untuk Mengantri

keuntungan e-pasporBiasanya bila kamu ingin pergi ke Luar Negeri, pasti harus pergi ke tempat pemeriksaan imigrasi dan prosesnya cukup memakan waktu yang lama karena teman-teman harus mengantri terlebih dahulu.

Tapi berbeda bagi kamu yang sudah memiliki e-Paspor, karena hanya cukup pergi menuju autogate untuk memindai Paspor dan langsung deh berada di boarding room, tanpa harus antri di tempat pemeriksaan imigrasi.

Akan tetapi, fasilitas ‘autogate’ ini masih terbatas di Indonesia yakni hanya ada di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Internasional Ngurah Rai. Tapi bukan berarti tidak mungkin, bahwa fasilitas ini bertahap demi tahap juga akan beroperasi di bandara-bandara lainnya.

Info Lain seputar e-Paspor

Tertarik untuk memiliki e-Paspor? Tapi, sebelum itu baiknya jika kamu mengetahui beberapa informasi menarik tentang e-Paspor.

Yang pertama soal Biaya. Harga e-Paspor memang lebih mahal dibandingkan Paspor non-elektronik pada umumnya, karena tambahan biaya itu ditujukan sebagai biaya pembuatan Chip yang ada pada Paspor Elektronik.

Untuk Paspor biasa non-elektronik 48 halaman dibadrol Rp300.000,00 dan Paspor Elektronik 48 halaman senilai Rp600.000,00. Sedangkan untuk Paspor biasa 24 halaman Rp100.000,00 dan Paspor elektronik 24 halaman Rp350.000,00

Lalu selanjutnya adalah syarat pengajuan e-Paspor. Untuk pengajuan memiliki e-Paspor, ada beberapa persyaratan dokumen yang harus dibawa antara lain:

  • Formulir Pengajuan (disediakan di Kantor Imigrasi)
  • KTP
  • Akta Kelahiran (bisa diganti dengan Ijazah terakhir yang kamu miliki)
  • Kartu Keluarga
  • Paspor lama (bila ingin mengganti Paspor baru)

Berikutnya adalah tempat pengajuan e-Paspor. Berbeda dengan pengajuan Paspor non-elektronik yang bisa diajukan di semua daerah Republik Indonesia, untuk pembuatan e-Paspor hanya bisa di 3 kota besar saja yakni DKI Jakarta, Kota Surabaya, dan Batam.

Beberapa kantor imigrasi yang dapat kamu kunjungi untuk pengajuan pembuatan e-Paspor ialah:

  • Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat
  • Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Utara
  • Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan
  • Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat
  • Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Bandara Soekarno-Hatta
  • Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya
  • Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam
  • Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok

Cukup mudah bukan? hehe. Untuk informasi lebih lengkap seputar e-Paspor, tentu teman-teman bisa berkunjung ke website resmi Imigrasi atau hubungi Call Center resmi Direktorat Jenderal Imigrasi dengan nomor telepon (021) 5224658 ext 2702.