Home Bisnis Keuangan Oh Gini Nih! Kelebihan dan Kekurangan Bank Syariah

Oh Gini Nih! Kelebihan dan Kekurangan Bank Syariah

0
Oh Gini Nih! Kelebihan dan Kekurangan Bank Syariah

Seperti yang kita ketahui, bank syariah tentu memiliki prinsip yang berbeda dengan bank umum biasanya. Karena operasional dan pelaksanaannya harus berdasarkan hukum islam. Nah, oleh karena itu pada kesempatan ini, kita akan membahas apa sih kelebihan dan kekurangan bank syariah?

Sebenarnya antara bank syariah dan bank konvensional, keduanya sama-sama mencari keuntungan seperti dengan cara menyimpan dana, meminjamkan modal, atau memberi dana investasi kepada nasabah.

Namun, dalam setiap operasionalnya, bank syariah harus berdasarkan prinsip-prinsip syariah yaitu

  • dilarang adanya unsur-unsur haram; seperti berinvestasi pada sektor yang dikategorikan haram
  • dilarang adanya unsur riba (bunga/interest); seperti yang sering ditemukan pada produk-produk pinjaman bank konvensional
  • dilarang adanya unsur maisir; mencari keuntungan berdasarkan spekulasi atau mengira-ngira
  • dilarang adanya unsur gharar (ketidakpastian)

Yang jelas, munculnya bank-bank dengan sistem syariah adalah akibat dari berbedanya paham antara prinsip bank konvensional dengan prinsip-prinsip syariah, salah satu contohnya saja yakni unsur riba.

Tapi, apakah dengan itu bank syariah menjadi lebih unggul dibandingkan dengan bank konvensional? Hmm, untuk lebih lengkapnya, mari kita ungkap sedetail mungkin apa sih kelebihan dan kekurangan bank syariah?!

Kelebihan Bank Syariah

Memiliki Fasilitas yang Lengkap

kelebihan bank syariah

Siapa yang suka nething kalo bank syariah memiliki fasilitas yang gak selengkap dengan bank konvensional? Tentu salah besar, bahkan ada fasilitas bank syariah yang tidak dimiliki bank konvensional lho!

Mulai dari tabungan, deposito, kredit, dan kliring yang ada di bank konvensional ternyata juga di bank syariah, tentunya dengan gaya yang berbeda. Bahkan layanan i-banking, mobile banking, dan SMS banking pun semuanya telah disediakan oleh bank syariah.

Dan ada beberapa hal yang tidak dimiliki bank konvensional tetapi ada di bank syariah, yakni

  • transaksi gadai (rahn)
  • transaksi sewa (ijarah)
  • transaksi jual-beli (murabahah)
  • dan transaksi kredit tanpa bunga (qardh)

Antara Bank Syariah dan Nasabah, Memiliki Hubungan yang Kuat

kelebihan dan kekurangan bank syariah

Hal yang paling berbeda antara bank syariah dengan bank pada umumnya adalah hubungannya yang sangat kuat antara bank dengan nasabahnya.

Karena seperti yang kita ketahui, bahwa hubungan antara bank konvensional dengan nasabahnya hanyalah sebatas debitur-kreditur, tapi berbeda antara bank syariah dengan nasabahnya.

Baca Juga: Apa Itu Bank Syariah? Emang Beda dengan Bank Konvensional?

Karena hubungan bank syariah dengan nasabahnya adalah hubungan yang bersifat kemitraan, artinya antara bank syariah dan nasabahnya hidup saling bergantungan dan harus saling bekerja sama. Bisa juga dibilang hubungan timbal-balik.

Hal ini terbukti ketika simpanan dana kita di bank syariah dapat memperkuat investasi bank syariah itu sendiri. Dan semakin baik kondisi finansial bank syariah, secara tidak langsung juga dapat menambah dana tabungan nasabahnya juga (nisbah).

Mendukung Jalannya Syariat Islam

kelebihan dan kekurangan bank syariah

Bank syariah merupakan lembaga yang menghasilkan profit, ditambah lagi karena harus patuh terhadap segala prinsip dan hukum islam, maka wajib setiap tahunnya untuk mengeluarkan zakat.

Selain itu, bank syariah juga harus secara penuh beroperasi sesuai prinsip dan hukum islam. Seperti tidak adanya unsur haram, riba, maisir, dan gharar. Serta menjalankan sesuai sistem atau akad yang berlaku.

Investasi atau kegiatan bisnis yang dijalankan oleh bank syariah pun wajib digunakan pada sektor yang halal, sehingga jauh dari unsur-unsur bisnis yang berkategorikan haram.

Jadi, apabila kita menjadi nasabah di suatu bank syariah, maka secara tidak langsung kita mendukung pula tegaknya syariat islam. Keren gak tuh?

Jumlah Angsuran Tetap

kelebihan bank syariah

Fasilitas pembiayaan ini merupakan kebijakan unik dan tidak ada di perbankan konvensional. Adanya fasilitas pembiayaan ini, membuat bank syariah tentu tidak akan membebani, apalagi menekan psikologis nasabah.

Baca Juga: Selain Bank Syariah, Ada Juga Lho Asuransi Syariah

Selain itu, bank syariah tentu membuka ruang diskusi dan negoisasi bagi para nasabahnya yang tidak bisa membayar angsuran tepat waktu. Berbeda dengan bank konvensional yang memakai sistem denda.

Tidak Terpengaruh dengan Kebijakan Moneter

kelebihan bank syariah

Bank konvensional pada umumnya memakai sistem bunga, sehingga sangat terpengaruh dan susah untuk bertahan dari guncangan krisis, akibat adanya perubahan kebijakan moneter dari dalam maupun luar negeri.

Berbeda dengan bank syariah yang memakai sistem bagi hasil dan tidak memakai sistem bunga (interest), mengakibatkan bank syariah tentu tidak akan terpengaruh dari setiap perubahan kebijakan moneter yang ada.

Bahkan, ketika banyak perbankan konvensional yang bangkrut dan membutuhkan kucuran dana, perbankan syariah malah menjamur dan membuka cabang-cabang baru. Hal ini terbukti ketika terjadinya Tragedi Finansial Kredit Subprime tahun 2007.

Kekurangan Bank Syariah

Memerlukan Ketelitian yang Lebih

Bank syariah menggunakan sistem bagi hasil dimana memerlukan perhitungan-perhitungan yang rumit, khususnya dalam menghitung laba nasabah yang kecil dan memiliki simpanan yang tidak tetap.

kekurangan bank syariah

Sehingga salah hitung (deficit underwriting) lebih besar terjadi dibandingkan bank konvensional.

Selain itu, untuk mencapai keuntungan bagi hasil yang adil dan tinggi, maka perbankan syariah harus memiliki tenaga kerja yang andal dan profesional.

Dengan tujuan untuk mengurangi kekeliruan dalam menilai proyek untuk diinvestasikan. Berbeda dengan bank konvensional yang sudah mendapatkan profit tinggi hanya dari sistem bunga saja.

Metode Bagi Hasil, Belum Terlalu Dikenal Masyarakat

kelebihan dan kekurangan bank syariah

Bank berbasis syariah merupakan konsep baru dan masih belum dikenal baik oleh masyarakat awam. Oleh sebab itu, bank syariah memerlukan tenaga ekstra untuk memperkenalkan sistem bagi hasil yang menjadi maskot utama bank syariah.

Tapi ini hanyalah sementara, karena dari tahun ke tahun pertumbuhan bank syariah terus meningkat atau mengalami rebound, setelah pernah jalan di tempat pada tahun 2015.

Memiliki Jumlah Kantor Cabang dan ATM yang Masih Sedikit

Kekurangan bank syariah yang paling mencolok adalah susahnya mencari kantor cabang ketika sedang mengalami permasalahan dan mencari ATM ketika ingin menarik uang.

Apalagi untuk daerah yang bukan perkotaan, masyarakat harus lebih mengeluarkan tenaga ekstra ketika ingin menggunakan fasilitas yang ada.

Masih Kalah Saing dalam Menawarkan Produk

kelebihan dan kekurangan bank syariah

Bank syariah harus lebih bekerja keras untuk terus mengeluarkan produk-produk terbaru yang gak kalah dengan produk-produk pada bank konvensional.

Bukan hanya produk-produk yang berbeda dan memiliki kesan tersendiri ketika nasabah menggunakannya, bank syariah juga harus memperhatikan faktor apa yang konsumen butuhkan atau consumer need.

Sehingga dengan memiliki produk yang menjadi solusi dan dapat menyelesaikan segala permasalahan masyarakat, bank syariah dapat diterima luas oleh khalayak ramai walaupun ia bukan seorang muslim.