Sebenarnya ada ribuan faktor yang Google tentukan untuk memilah dan menentukan peringkat search engine pada sebuah website, salah satu faktornya adalah Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA).

Apalagi setelah ditiadakannya PageRank, yang berfungsi untuk menentukan/memilah mana website yang baik dan website yang buruk, maka keberadaan DA dan PA kini makin menjadi hal yang penting bagi website.

Yup, seperti yang diketahui, Google kini tak lagi mengandalkan PageRank sebagai standar kualitas sebuah website. Memang sih niatnya bagus sih, tapi bagaimana bisa kita mengetahui sejauh mana website kita berkembang???

Maka muncul alternatif lain, yaitu kuatnya fondasi suatu website bisa dilihat dari seberapa besar kekuatan domain yang sering kita sebut Domain Authority dan kekuatan halaman situs yang dimiliki atau sering disebut juga sebagai Page Authority, dimana kedua istilah itu pertama kali diciptakan oleh Moz.

Faktor Meningkatnya DA dan PA

cara meningkatkan da dan pa
Beberapa faktor yang dapat meningkatkan Domain Authority dan Page Authority Website

Untuk meningkatkan DA dan PA suatu website, maka ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan antara lain:

1. Link Domain Root; merupakan jumlah banyaknya backlink unik yang mengarah ke website. Jadi misalkan anda memiliki 25 backlink dari 3 situs, maka link domain root yang terhubung hanyalah 3 link domain root saja.

Sehingga inilah yang disebut volume backlink tidak terlalu penting, tetapi backlink yang sedikit namun unik sudah cukup untuk meningkatkan performa peringkat Search Engine.

2. Link Eksternal; kuatnya link eksternal yang dimiliki sebuah website juga berpengaruh pada kuatnya Domain Authority Website.

Sama dengan link domain root, link eksternal juga tidak terlalu melihat kuantitas link, tetapi kualitas link eksternal yang didapat.

3. Terkoneksi dengan Web Terpercaya; selain link yang unik dan berkualitas, adanya koneksi dengan web terpercaya adalah hal penting. BAHKAN SANGAT PENTING loh guys, walaupun hanya mendapatkan 1-2 link saja.

Contoh web yang paling dipercaya Search Engine adalah situs pendidikan (berdomain .edu .sch.id .ac .ac.id dan sebagainya) dan situs pemerintahan (berdomain .gov .go.id dan sebagainya).

4. Social Signals; Google menggunakan social signals (sinyal sosial) sebagai faktor utama untuk mengidentifikasi sebuah konten berkualitas. Social signals antara lain dilihat dari jumlah share, like, dan jumlah komentar.

5. Search Engine Friendliness (ramah pada search engine); Hal ini mengacu pada struktur situs, dimana struktur situs harus bisa dan mudah dinavigasi oleh pengguna maupun perayapan bot Search Engine.

Struktur situs yang susah dinavigasi, otomatis juga akan menyusahkan perayapan untuk meng-indeks situs Anda. Sehingga secara tak langsung dapat merusak peringkat Search Engine.

Cara Meningkatkan DA dan PA Website

Akhirnya sampai ke poin utama kita, yaitu cara meningkatkan DA dan PA website. Tentu banyak faktor yang menentukan, bahkan ada lebih dari 40 faktor yang diketahui digunakan untuk menghitung seberapa besar DA dan PA website sobat.

Tapi, gak perlu khawatir, sebab ada beberapa cara yang sudah kami rangkum untuk meningkatkan DA dan PA website, antara lain:

Memilih Nama Domain yang Tepat

Bagi sobat yang belum mempunyai dan belum membangun sebuah website sama sekali, maka cara yang paling awal adalah dengan memilih nama domain yang tepat.

Nama domain yang tepat, yang dimaksud ialah nama domain yang relevan, tidak berbelit, singkat dan jangan terlalu panjang, usahakan jangan memakai angka, dan yang paling penting Anda suka nama domain tersebut?

Maksudnya?

Ya, jangan sampai DA dan PA sudah bagus, mati-matian membangun atau menemukan domain yang authority-nya bagus, eh malah masih mau gonta-ganti domain lagi…

Jadi buang jauh-jauh tuh perasaan labilnya bro? usahakan sebelum tentukan nama, riset dulu nama domain mau gimana, dan pilih nama domain yang mudah diingat oleh visitor.

Sehingga jika visitor udah klop ama web sobat, kan gak susah-susah lagi tuh cari website-nya. Dan kalau bisa, cari sekaligus dengan domain yang sudah berumur panjang, karena biasanya umur domain merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi besar-kecilnya DA dan PA website.

Tapi bukan berarti domain baru tidak bisa mendapatkan peringkat SEO yang tinggi, hanya saja pastinya membutuhkan waktu yang cukup lama dan kesabaran tingkat tinggi.

Optimasi Konten dengan SEO On-Page

SEO tentu juga penting dalam menentukan peringkat pencarian Google maupun besar-kecilnya DA dan PA website.

Baca Juga: Cara Dasar Meningkatkan SEO untuk Website Bisnis Anda

So, pastikan bahwa kamu sudah mengoptimasi seluruh kode on-page (bahasa umumnya sih, optimasi dengan teknik on-page).

Nah, teknik on-page itu pada dasarnya termasuk seperti tag judul, tag alt dalam suatu gambar, dan apapun yang terkait dengan konten itu sendiri (contohnya huruf besar, huruf cetak, huruf miring, underline, yang sebenarnya dapat meningkatkan readibility suatu konten).

Selain itu, jangan lupa pula variasi kata kunci utama, dengan mempertahankan permalink (link konten) yang singkat dan relevan.

Buat Konten yang Berkualitas

Salah satu hal mengapa situs yang dimiliki bisa mendapatkan link berkualitas tinggi, sehingga dapat dipandang baik dan terpercaya adalah dengan membuat konten berkualitas dan posting secara berkala (setiap hari, seminggu, atau sebulan).

Semakin bagus suatu konten, semakin banyak juga situs lain yang menautkan link ke situs sobat (tapi jangan besar harapan dulu ?).

Karena gak semua situs murah hati kasih backlink gitu aja πŸ™‚

Beberapa cara baru sederhana agar website dapat mudah mendapatkan backlink dengan mudah, antara lain dengan guest post. Btw kalo berkeinginan guest post di VrigoNET silahkan email admin disini ya!

Memperbaiki Struktur Link Internal

da dan pa
Tersturkturnya link internal layaknya sebuah tembok yang kuat dan tak terpecahkan

Struktur link internal merupakan salah satu faktor penting dalam SEO terutama untuk meningkatkan DA dan PA website.

Walaupun memang sih sering diabaikan dan banyak website lebih mementingkan link eksternal (link tautan dari website lain).

Padahal secara tak langsung link internal yang teratur dan rapi dapat membantu meningkatkan traffik website, mengurangi bounce rate karena visitor bisa saja tertarik dengan link internal yang ditautkan, dan memudahkan Search Engine untuk mengindeks keseluruhan website sobat.

Layaknya kata pepatah, bersatu kita teguh bercerai kita runtuh. Situs yang tidak memiliki link internal yang kuat layaknya kerikil dan batu-batu kecil yang saling tercerai-berai.

Tapi situs yang memiliki link internal yang kuat dan teratur, layaknya sebuah kerikil dan batu-batu kecil yang saling terhubung menjadi sebuah tembok yang tak dapat dipecahkan dengan mudah.

#SokQuotesNihAuthor πŸ˜‰

Pastikan Website Anda Mobile-Friendly

Kalau masalah ini, gak perlu ditanyakan lagi. Karena seperti yang kita tahu, mobile user adalah pengguna internet terbesar di dunia.

So, bisa dipastikan bahwa mobile user adalah salah satu hal yang memang harus benar-benar diperhatikan layaknya faktor-faktor SEO lainnya.

Tanpa memperhatikan pengguna mobile, maka bukan hanya dapat merusak peringkat Search Engine di versi mobile, tapi juga dapat menurunkan traffik website secara drastis.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Traffik dengan Mencari Keyword yang Tepat

Kan bayangin aja masbro-mbasis, sebagian besar di dunia ini dikuasai oleh pengguna mobile, eh taunya website sobat gak ramah mobile, sama ajakan kayak bunuh diri ? kaya mau lamar anak orang, tapi ama calon mantu cemberut-cemberut aja, emang yakin diterima?

Untuk check dan tes apakah website sobat sudah mobile-friendly ataukah belum, bisa langsung kunjungi halaman Mobile-Friendly Test yang didukung oleh Google disini.

Tapi saya yakin kok, kebanyakan template dan theme website/blog jaman now pastinya udah mobile-friendly. Namun, kalau masih ragu ya tinggal test aja…

Meningkatkan Kecepatan Loading Website

Kecepatan loading yang lambat pasti akan langsung berefek dengan meningginya bounce rate, melemahnya skor SEO, dan berkurangnya traffik website.

Bayangin sob, studi yang dilakukan Google menyatakan bahwa visitor akan langsung meninggalkan suatu website jika load speed lebih dari 3 DETIK!

Mungkin ini juga alasan Google meluncurkan Google AMP, yang bertujuan untuk memudahkan para publisher dan webmaster untuk meningkatkan load speed mereka. Lebih lengkapnya bisa sobat baca lebih detail artikel kami tentang Manfaat Google AMP bagi Website.

Selain itu ada beberapa artikel yang saya rekomendasikan untuk meningkatkan loading website antara lain …

Membangun Backlink

 

cara meningkatkan da dan pa

Mengapa backlink sangat penting dan berperan untuk website Anda? Karena dengan backlink situs sobat pastinya akan lebih terpercaya di mata pengunjung dan Google, ditambah akan membantu lebih banyak traffik ke website Anda.

Tapi bukan SEMBARANG BACKLINK loh ya!

Karena sobat pun harus memperhatikan backlink yang didapat, karena kualitas backlink yang didapat juga menghasilkan traffik yang berkualitas. Selain itu, jangan lupa perhatikan juga topik website yang memberi link ke situs Anda.

Kan lucu, website sobat suka bahas topik Internet, eh malah membangun backlink dari situs dengan topik Perlengkapan Bayi ?

Bayangin coba, dapat traffik dari orang yang ingin tau tentang perlengkapan bayi, pas dirujuk ke situs sobat taunya topik Internet.

Kan bertentangan tuh, jadinya bukan malah menambah nilai skor SEO, bisa saja berefek meningginya bounce rate, karena gak berkesinambungan antara topik website sobat dengan website yang memberi backlink.

Kalau beda topik seperti kasus diatas, tentu ada cara mengakalinya. Mungkin bisa membuat konten tentang Jual Perlengkapan Bayi Online, atau Manfaat Jual Beli Online Perlengkapan Bayi, dan sebagainya.

Ya, tinggal akali saja agar topiknya menjadi sama, terkait, dan berkesinambungan dengan topik konten atau situs Anda yang ingin diberi backlink.

Beberapa cara sederhana untuk mendapatkan backlink/link eksternal, yakni

  • Guest Post; menulis artikel di situs lain dengan menyisipi link
  • Tukeran Backlink; kerjasama dan saling tukar link dengan situs yang satu niche atau bertopik sama
  • Ngasih Backlink; Cara ini gak begitu ampuh sih ? tapi jika Anda memang niat ngasih link ke situs yang dirasa memang berkualitas, bisa saja situs tersebut beri backlink ke situs sobat kembali jika tertarik. Intinya jangan terlalu berharap!
  • Promosi via Sosial Media; memang sudah melenceng dari konsep backlink, tapi dengan menggunakan sistem paid traffik situs Anda akan lebih dipercaya dan terkhususnya dapat meningkatkan Page Authority.
    Jika ada situs lain tertarik dengan konten situs Anda, ya bisa saja mereka memberi backlink. Intinya seperti diatas, jangan terlalu berharap yo! ?
  • Saya sendiri menilai bahwa saya buntu pada perkembangan backlink yang lagi di bangun.. itu penilaian sendiri yah mas.. soalnya saya paling gak mampu menilai kualitas diri sendiri..

    Nah tapi untuk point Link External / Internal, saya punya pertanyaan sedikit nih mas.. boleh gak sih buat link internal ke artikel lain menggunakan link dari hasil pencarian di google? dan itu yang sampai saat ini masih saya jalankan di setiap artikel saya mas..

    kalau untuk point Konten Berkualitas dan Kecepatan Loading Web, menurut saya memang mendukung.. tapi buat penulis yang masih pemula kan belum tentu paham.. malah mindset nya nanti bisa berubah.. Bukannya fokus bikin konten yang banyak, tapi malah sibuk ngurusin kecepatan loading.

    Hahaha itu sih pengalaman saya pribadi mas..

    #SemangatBlogging

    • Boleh ajasih ngasih link ke situs lain di artikel buat referensi misalnya, itu juga kan sama saja ngasih backlink gitu (kalau mau ngasih link ke VrigoNET juga gpp, boleh banget malah 😜 #Kode), tapi saran, liat juga kualitas site yang mau dikasih link

      Trus masalah konten atau kecepatan loading web, saya sendiri menilai keduanya sih perlu,… konten sebagus apapun tapi lemot, bakalan dibaca ama pengunjung? πŸ˜… hehe… trus kalau web sekenceng apapun, tapi kontennya bikin pengunjung illfeel juga sama aja…

      Jadi tipsnya ya, sebelum build blog, fokus dulu tuh ama fondasi blog-nya dulu, strukturnya, meta deskripsi, tagline site, logo, dan lain-lain, termasuk optimasi dan kecepatan web,… baru kalau fondasi blog udah memadai, problem lain seperti buat konten kan jadi semangat…

      Itu sih menurut ane, gak tau kalau mas dan yang lainnya πŸ™‚

      • Haha.. kode keras nih..

        iya juga sih mas.. kalau gitu saya ambil kesimpulan yang sama kayak mas Afif deh. heheh

        Naaahhh.. kebetulan saya emang baru mau build blog nih mas..
        berarti fokus sama fondasi blog, terus optimasi template, baru deh mikirin konten yah mas?

        saya paham.. nanti kalau gak paham.. saya email aja kali ya mas ?
        siapa tau dapet free private class untuk konsultasi sama mas @afiftoon:disqus haha