Kali ini kita akan membahas tentang Cara Mendapatkan Bantuan Dana dari Dinas Sosial. Tentu Usaha Kecil dan Menengah (UKM) memang perlu mendapatkan bantuan modal usaha dari pamerintah untuk menunjang usahanya.

Apalagi di tengah gempuran produk global, membuat produk UKM harus lebih kreatif dan beda agar tidak mati pasaran. Sehingga bantuan dana dari pemerintah, terkhususnya dari Dinas Sosial memang sangat dibutuhkan.

Bukan hanya menciptakan sebuah produk, tapi juga harus mampu memasarkan hingga mengembangkannya. Namun, tak banyak orang yang mengetahui informasi tentang bagaimana cara mendapatkan bantuan dana dari Dinas Sosial (dalam hal ini Pemerintah).

Yang ada kebanyakan dari para UKM kita, terkadang malah mengambil keputusan untuk meminjam uang di bank. Meskipun taruhannya adalah bunga yang besar. Karena bagi mereka yang penting adalah bagaimana mendapatkan dana untuk mengembangkan usahanya.

Padahal salah satu lembaga pemerintah yang menyediakan bantuan dana bagi para UKM adalah Koperasi dan UKM Deputi Bidang Pembiayaan. Lembaga yang berdasarkan asas kekeluargaan ini memang telah ada sejak akhir abad 18 yang memang diperuntukkan untuk membantu perekonomian rakyat.

Syarat-Syarat untuk Mendapatkan Bantuan Dana dari Dinas Sosial

Telah Memiliki Rintisan Usaha

cara mendapatkan bantuan dana dari dinas sosialSyarat pertama untuk mendapatkan bantuan dana dari pemerintah merupakan individu yang telah memiliki rintisan usaha produktif dan/atau pelaku usaha yang telah memiliki potensi bagaimana cara mengembangkan usaha.

Usahanya pun harus telah berjalan minimal enam bulan dan maksimal tiga tahun dengan dibuktikan berupa foto tempat usaha dari sisi jalan, tampak depan dan dalam, serta proses produksi (apabila ada). Ditamba lagi dengan dokumen yang sudah diuploud dalam bentuk PDF dengan ukuran file maksimal 3 MB.

Belum Pernah Menerima Bantuan Sejenis

Belum pemah menerima bantuan yang sejenis baik dari Kementenan Koperasi dan UKM yang dibuktikan dengan surat pernyataan dari yang bersangkutan. Dokumen diuploud dalam bentuk PDF yang sudah ditandatangani dengan ukuran file maksimal 3 MB.

Maksimal berusia 45 tahun

cara mendapatkan bantuan dana dari dinas sosialUntuk mendapatkan bantuan dana, maka salah satu syaratnya yaitu usia wirausaha pemula yang menerima bantuan maksimal 45 tahun ketika mengajukan proposal. Jadi mulailah usaha dan bangun bisnismu dari usia muda ya!

Pendidikan minimal SLTP atau sederajat

Calon wirausaha pemula yang telah mengajukan proposal minimal telah memiliki ijaszah SLTP atau sederajat dan harus dibuktikan melalui ijazah yang dokumennya bisa diuploud dalam bentuk PDF dengan ukuran file maksimal 3 MB.

Telah Mengantongi Izin Usaha yang Resmi

cara mendapatkan bantuan dana dari dinas sosialIni yang paling penting, yakni sudah memiliki legalitas usaha seperti izin usaha Mikro Kecil (IUMK) atau surat Keterangan domisili dari Kantor Kelurahan setempat. Dengan adanya dokumen penting seperti ini, tentu proses pengajuan bantuan dana akan semakin mudah karena membuktikan bahwa usaha yang kamu miliki benar-benar ada.

Telah Memiliki NPWP

cara mendapatkan bantuan dana dari dinas sosial
Copyright © VrigoNET

Para peserta juga wajib memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) yang masih aktif atas
nama calon penerima bantuan dokumen yang kemudian diuploud dalam bentuk PDF dengan ukuran maksimal 3MB.

Baca Juga: Bagaimana Sih Cara Membuat NPWP bagi Yang Belum Bekerja?

Memiliki Sertifikat Pelatihan

Telah memiliki sertifikat pelatihan maksimal dua tahun sebelum tahun anggaran berjalan
yang dilakukan oleh Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia atau instansi dan lembaga lainnya yang memiliki kompetensi serta bekerja sama dengan Deputi Bidang Sumber Daya Manusia. Dokumen tersebut diuploud dalam bentuk PDF dengan ukunan file maksimal 3 Mb.

Memiliki Rekening Tabungan Aktif dari Bank Pemerintah

Calon penerima yang mengajukan dana juga harus memiliki rekening tabungan aktif dari bank milik pemenntah (BUMN) misalnya BRI, BNI, ataupun Bank Mandiri yang sesuai dengan nama calon penerima bantuan. Beserta dokumen yang telah diuploud dalam bentuk PDF dengan ukuran file maksimal 3 MB.

Surat Rekomendasi SKPD Kabupaten atau Kota

cara mendapatkan bantuan dana dari dinas sosialMemiliki surat rekomendasi SKPD dari dinas atau kabupaten setempat yang telah
ditandatangani oleh pejabat berwenang yang membidangi Koperasi dan Usaha Mikro Kecil
dan Menengah. File diunggah dalam bentuk PDF maksimal ukunan 3-4 MB.

Memiliki Proposal Usaha

Jangan lupa memiliki proposal usaha dalam bentuk PDF, untuk diajukan dan menjadi peserta yang mendapatkan bantuan wirausaha pemula.

Surat Rekomendasi Provinsi

Setelah lengkapi syarat-syarat diatas, tinggal dapatkan surat rekomendasi dari Dinas Provinsi setempat. Lalu ajukan bantuan dana ke Dinas Sosial, dan semoga beruntung!

Kalau Gak Punya Banyak Waktu, Bagaimana Sih Cara Mendapatkan Bantuan Dana Secara Online?

Wirausaha dan bisnis adalah dua dunia dari domain ekonomi yang kini diperbutkan banyak orang karena prospeknya yang semakin lama semakin menjanjikan. Banyak orang mencari tahu kesempatan untuk bisa memulai usahanya sendiri.

Sayangnya, tidak hanya kesempatan yang menjadi penentuan kamu dapat mulai membangun usaha, tapi modal usaha juga sering menjadi penghalang.

Kredit Usaha Rakyat

cara mendapatkan dana bantuan
Image by indonesiabaik.id

Pemerintah RI kini telah sadar bahwa kewirausahaan bisa membantu meningkatkan kondisi perekonomian masyarakat dan tentunya negara. Sehingga, pemerintah mempunyai program bantuan modal usaha bagi pemilik UMKM.

Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) ini disalurkan oleh pemerintah melalui bank BUMN dan Bank-Bank Umum lainnya yang telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia dengan tujuan untuk menjangkau para wirausaha maupun calon wirausaha secara merata.

Belum lagi kamu bisa mendapatkan bantuan kredit modal usaha hingga Rp25.000.000. Tapi untuk mendapatkan modal tersebut dan di atas itu, kamu disyaratkan mempunyai agunan dan data legalitas untuk mendapatkan kredit modal usaha dari pemerintah.

Usaha yang kamu miliki juga harus memiliki Surat Keterangan Usaha dari instansi terkait dan sudah berjalan paling lambat 6 bulan. Artinya, kamu harus mengurus surat-surat tersebut terlebih dahulu dan menjalankan usaha selama 6 bulan sebelum dapat mengajukan bantuan dana usaha dari Dinas Sosial.

Kredit Tanpa Agunan (KTA) untuk Modal Usaha

Kredit Tanpa Agunan merupakan produk kredit yang biasanya ditujukan untuk kegiatan konsumtif. Namun, kamu juga dapat mengunakannya sebagai modal untuk mendirikan usaha. Biasanya masing-masing bank memiliki layanan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sendiri.

Persyaratan kredit tanpa agungan mudah sekali untuk dilakukan, karena syarat pengajuan pinjaman tanpa agunan sangatlah sederhana. Kita hanya perlu memiliki KTP dan nomor rekening bank yang masih aktif.

Jumlah yang ingin kamu pinjam dan lama masa pengembaliannya juga harus kamu tentukan sendiri sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu. Saat kamu menentukan jumlah pinjaman dan masa pengembalian yang diinginkan, masukan data diri kamu, dan segera ajukan pinjaman.

Kemudian kamu akan menerima email konfirmasi yang berisi tentang pilihan pinjaman yang paling cocok dan sesuai dengan kebutuhan. kamu bisa mendapatkan dana pinjaman dalam jangka waktu kurang dari 24 jam.

Namun, apabila kamu adalah seorang muslim/muslimah yang taat akan ajaran Islam, tentu segala bentuk bunga (riba) adalah haram hukumnya. Untuk itu jangan khawatir, karena masih banyak solusi dan cara-cara lain untuk mendapatkan bantuan modal usaha, selengkapnya bisa kamu tonton video dibawah ini