Terkadang ada saatnya kita ingin menyimpan atau menabungkan sebagian uang yang kita miliki kedalam tabungan bank, namun tentunya dengan cara yang instan dan cepat. Nah, daripada nunggu antrean lama di teller bank, ternyata kamu juga bisa lakukan dengan cara lain yakni menabung di ATM Setoran Tunai yang proses transaksinya dipastikan jauh lebih cepat dan sangat mudah dilakukan oleh siapa saja.

Baca Juga: Ternyata Ini Manfaat Menabung bagi Kehidupan Finansial dan Masa Depan Kamu!

Yang perlu kamu siapkan untuk menabung di ATM Setoran Tunai, tentu sederhana dan mudah saja, yaitu

  • Kartu ATM (sesuaikan kartu ATM Bank mana yang ingin kamu gunakan)
  • Mengetahui Lokasi ATM Setoran Tunai (biasanya sering terdapat pada kantor cabang Bank manapun)
  • Pastikan Uang dalam Keadaan Rapi (tidak kucek, terlipat-lipat, dan robek)

Nah, kalau kamu udah siap dengan perlengkapan diatas. Berikut adalah langkah-langkah menabung di ATM, ikuti dan langsung praktik ya!

Cara Menabung di ATM Setoran Tunai

cara menabung lewat atm
Ilustrasi Foto via mediakonsumen.com
  1. Datangi mesin ATM Setoran Tunai terdekat
  2. Masukkan kartu ATM ke slot yang tersedia dan ketikkan PIN kartu ATM kamu (hal yang sama saat lakukan tarikan tunai)
  3. Perhatikan layar ATM, biasanya ada berbagai pilihan lain, tetapi kali ini kamu cukup fokus pada opsi “Setoran Tunai”, lalu tekan opsi tersebut dan wadah tempat kamu akan menaruh uang pun terbuka secara otomatis
  4. Sebelum itu, pastikan uang yang ingin kamu tabung sudah dalam keadaan rapi. Setelah dalam keadaan rapi, masukkan uang kedalam mesin ATM. Namun sesuai kebijakan Bank, biasanya jumlah uang yang ingin kamu setor memiliki batasan (limit) tertentu sesuai tingkatan nasabah.
  5. Setelah uang dimasukkan, mesin ATM secara otomatis akan menghitung jumlah setoran uang kamu. Perhatikan layar, dan beberapa saat kemudian akan ditampilkan jumlah setoran tadi.
  6. Apabila jumlah setoran yang diterima mesin ATM sesuai, maka tidak ada kendala apapun. Namun bila jumlah setoran yang diterima mesin ATM ternyata kurang, berarti ada beberapa lembaran uang yang ditolak oleh mesin ATM (biasanya karena kurang rapi, masih ada lipatan, atau memang sudah kucek sehingga tidak bisa disetor lagi)
  7. Jika sudah selesai, klik opsi “Selesai” pada layar untuk mengakhiri transaksi setoran tunai. Dan dalam waktu bersamaan, kamu akan menerika struk sebagai tanda bukti transaksi
  8. Akhiri transaksi, apabila memang tidak ada transaksi lagi yang ingin dilakukan, dan jangan lupa untuk ambil kartu ATM kamu.

Note: ada sedikit perbedaan alur instruksi karena perbedaan layanan masing-masing Bank, tapi secara garis besar instruksi langkah-langkahnya sama dan bisa dipraktikkan.

Kelebihan dan Kekurangan Menabung lewat ATM Setoran Tunai

Sebenarnya ada banyak keuntungan dari menabung lewat ATM Setoran Tunai, mulai lebih cepat dan mudah dilakukan sekalipun oleh masyarakat awan, bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun (asal ada ATM Setoran Tunai), hingga dapat melakukan berbagai macam transaksi sekaligus (seperti informasi saldo, transfer, membayar tagihan, dan masih banyak lagi).

Walaupun begitu, dalam melakukan setoran tunai ternyata ada batasan (limit) setoran tiap harinya sesuai kebijakan Bank masing-masing, serta keadaan uang yang ingin disetor harus benar-benar dalam keadaan rapi.

Untuk lebih lengkapnya, bagi kamu yang masih bingung cara menabung di ATM Setoran Tunai, bisa ikut video langkah-langkah berikut. InsyaAllah mudah dimengerti dan dipraktikkan. Selamat mencoba! 😆😆😆