Cara Melunasi Hutang – Terkadang bisa saja suatu saat kita butuh pinjaman uang dari orang lain atau bahasa singkatnya (berhutang) untuk memenuhi kebutuhan hidup kita. Mungkin karena kondisi ekonomi rumah tangga yang sedang krisis atau untuk mengembangkan usaha bisnis contohnya.

Hutang memang sebaiknya lebih baik dihindari apabila sobat masih memiliki kondisi finansial yang stabil, tapi tidak mengartikan bahwa hutang itu dilarang dan gak boleh. Yang haram itu jika berhutang dengan riba.

Jika Anda ingin berhutang karena berbagai macam alasan yang disertai dengan perencanaan yang baik, maka itu sah-sah saja dan akan menjadi penolong keuangan sobat. Tapi yang namanya hutang, bisa banget menjadi boomerang apabila tidak ada strategi perencanaan keuangan yang baik dan ini FATAL sekali!

Selain itu jika Anda sedang dalam kondisi berhutang, maka jangan sekali-kali meremehkan hutang, apalagi menunda melunasinya. Ingat! Hutang itu adalah pinjaman bukan milik Anda. Oleh sebab itu, disini kami akan ulas cara mengatur keuangan dengan tepat sehingga Anda dapat melunasi hutang dengan cepat, antara lain

Rencanakan Strategi Anda untuk Melunasi Hutang, Bahkan Sebelum Anda Berhutang

cara melunasi hutangLangkah pertama apabila Anda ingin tahu cara melunasi hutang dengan tepat dan cepat, maka alangkah baiknya (bahkan sudah sepatutnya) sobat rencanakan strategi untuk melunasi hutang, bahkan sebelum Anda berhutang.

Anda butuh berapa, perbulan Anda akan bayar berapa, dalam jangka waktu sampai kapan hutang Anda akan lunas, paling lama lunas kapan – paling cepat lunas kapan, dan lain-lain. Dengan demikian sobat bisa mengetahui posisi finansial kelak saat berhutang.

Disiplin Dalam Menjalankan Rencana

Strategi udah beres, tinggal jalani aja, maka satu hal yang harus dipastikan adalah disiplin dalam pelaksanaan. Ini adalah cara melunasi hutang yang tak kalah pentingnya. Paksa diri Anda untuk fokus pada melunasi hutang jika sudah dalam keadaan berhutang.

Bahkan jika dalam keadaan terpaksa sekalipun, maka harus ada yang dikorbankan, mungkin gunakan sedikit tabungan darurat Anda misalnya atau mengurangi biaya pengeluaran.

Buat Protofolio Pendapatan dan Pengeluaran Keuangan Anda

cara melunasi hutangJika sobat sedang single (kalo jomblo kekasaran ntar), bisa saja Anda membuat portofolio yang sederhana. Tetapi jika sudah berumah-tangga, lebih baik membuat portofolio yang mencakup segala aspek pendapatan dan pengeluaran keuangan rumah tangga sedetail mungkin.

Mengapa Demikian? Karena dengan portofolio tersebut, Anda dapat memantau pendapatan dan pengeluaran rumah tangga dengan cermat, sehingga bisa meminimkan biaya-biaya yang tidak perlu dan menutup kebocoran keuangan dalam aktivitas rumah tangga.

Karena biasanya jika tidak mengatur keuangan dengan baik, secara tidak sadar pengeluaran kita bisa lebih besar daripada pendapatan.

Misalnya belanja bulanan, biaya listrik dan air, belum lagi pendidikan Anak, apalagi tergoda beli itu dan ini, nongkrong disana disini, maka bagaimana pengeluaran Anda untuk membayar hutang?

Maka dengan adanya portofolio keuangan yang selalu diperbaharui ketika keuangan berjalan, Anda bisa langsung sadar dan sigap untuk selalu menjaga kestabilan finansial rumah tangga sobat.

Ubah Kebiasaan Hidup dan Mindset Anda

cara melunasi hutangApa salahnya belajar hidup hemat dan lupakan hasrat keinginan yang tidak diperlukan. Karena percuma saja, membuat portofolio keuangan secara detail tapi kehidupan boros tetap dilanjutkan. Bahkan daripada menghamburkan uang, lebih baik investasikan uang lebih Anda agar bisa meningkatkan pendapatan dan melunasi hutang dengan cepat.

Mulailah cari penghasilan tambahan rumah tangga Anda, sedikit apapun itu. Misalnya setiap hari hanya untung 50 ribu saja dan coba kalikan 30 hari, maka dalam sebulan setidaknya Anda dapat memiliki pendapatan hingga Rp1.500.000 setiap bulannya!

Banyak sekali ide dan peluang bisnis rumahan bagi yang berumah-tangga, atau untuk pekerjaan sampingan, mahasiswa bahkan pelajar sekalipun dengan omzet yang sangat menguntungkan!

Prioritaskan Untuk Melunasi Hutang yang Beresiko

Setiap hutang memang memiliki resiko, tetapi jika Anda sudah terlanjur tersandung dengan hutang yang memiliki bunga, bahkan dengan bunga yang tinggi maka resiko yang didapat pun juga tinggi. Bila sudah seperti ini, maka sudah seharusnya sobat membuat daftar hutang sesuai konsekuensinya.

Jenis hutang yang diprioritaskan bukan hanya semata-mata jumlah nilai uang yang besar, tetapi sebesar apa persentase bunga dan dampak apa yang akan diterima apabila Anda telat atau bahkan tidak bisa membayar jenis hutang tersebut.

Hal ini juga dilakukan agar Anda terlepas sedikit demi sedikit dari hutang yang berkepanjangan dan beresiko. Apalagi semakin besar resiko hutang semakin sesak pula Anda beraktivitas sehari-hari.

Hindari Penggunaan Kartu Kredit

cara melunasi hutangKetika Anda tidak memiliki uang, urung niat untuk mempergunakan segala akses kartu kredit Anda karena dengan kartu kredit malah menambah beban finansial rumah tangga. Lebih baik Anda fokus pada pelunasan hutang dan tidak terpedaya dengan faktor-faktor lainnya.

Lucunya, tidak sedikit orang yang malah menggunakan kartu kredit untuk melunasi hutangnya yang lain. Sebenarnya itu salah fatal, bukannya hutang Anda terlunasi tetapi akan menambah bunga yang harus Anda bayar lagi, dan sama saja hutang Anda masih ada dari kartu kredit tersebut.

Uang yang ada di kartu kredit itu bukanlah uang milik Anda yang sebenarnya, jadi lebih baik hindari pemakaian kartu kredit selama masih berhutang atau bahkan jangan sama sekali memakai kartu kredit.

Ajak Semua Orang yang Terkait ikut Berpartisipasi

Jika tujuan Anda berhutang untuk memperbaiki sektor keuangan rumah tangga, maka ajak pasangan sobat untuk turut ikut berpartisipasi dan sama-sama berkorban dalam melunasi hutang.

Misalnya Anda sudah mengikuti program kerja lembur, maka mungkin istri Anda bisa membantu dengan membuka usaha kecil-kecilan di rumah. Seperti yang saya tulis diatas tadi, selalu sisihkan uang untuk berinvestasi dalam peluang bisnis apapun.

Atau jika Anda berhutang karena untuk membangun atau mengembangkan usaha bisnis, maka ajak partner bisnis sobat untuk ikut pula dalam pelunasan hutang. Inilah manfaatnya jika buka usaha dengan adanya partner bisnis dibanding buka usaha sendiri.

Jangan Pernah Menunda Pembayaran!

Nah ini, kebiasaan yang paling menganggu kondisi keuangan walaupun sepele ialah selalu menunda-nunda pembayaran. Bahkan jika Anda sudah memiliki uang cukup untuk membayar hutang dan tenggat waktu pembayaran hutang masih jauh-jauh hari, tetap saja langsung LUNASI!

Karena tidak menutup kemungkinan, Anda malah tergiur untuk menggunakan uang itu pada hal-hal lain yang tidak bermanfaat, sehingga alih-alih hutang lunas malah menjadi bertambah, apalagi jika Anda berhutang dengan sistem bunga.

Demikian artikel kami tentang cara melunasi hutang, walaupun memang berat yang terpenting Anda harus ubah mindset sobat dan lebih disiplin dalam melunasi hutang. Serta selalu bijak dalam berhutang agar selalu dalam kondisi finansial yang stabil.