Ada beberapa Cara Dasar Meningkatkan SEO Website dan tentu saat ini SEO merupakan salah satu hal yang cukup penting dalam membangun sebuah kerajaan bisnis Anda di dunia yang serba online ini.

Apalagi jika Anda merupakan salah satu tipe orang yang ingin meningkatkan traffik dengan biaya yang paling efektif, maka SEO adalah jawabannya.

Alasan sederhana mengapa SEO adalah jawaban yang tepat ialah:

? Tanpa SEO, Traffik website menjadi tak teratur atau hanya musiman
? Tanpa Traffik yang mumpuni, tidak ada peluang
? Tanpa peluang, penjualan tidak akan terjadi
? Dan tidak adanya penjualan, berarti tidak ada bisnis atau dengan kata lain bisnis Anda terhenti.

Selain itu dengan SEO, Anda juga dapat mengundang berbagai ribuan bahkan jutaan pengunjung organik yang berasal dari search engine. Dan pengunjung organik tentu sangat baik untuk website bisnis dan bagus untuk meningkatkan rank dan kategorisasi keyword yang relevan.

Namun, bukan berarti dalam ‘SEKEJAP’ website Anda dapat menghasilkan ribuan traffik secara langsung. SEO tentu membutuhkan waktu untuk bekerja, tetapi percayalah SEO akan benar-benar efektif apabila dilakukan dengan cara yang benar.

Baca Juga: Pengaruh Redirect Terhadap SEO

Kebanyakan orang menginginkan hasil yang cepat, tapi SEO tidaklah demikian. SEO itu layaknya investasi yang untuk mewujudkannya membutuhkan waktu dan langkah yang tepat.

SEO itu layaknya investasi yang membutuhkan waktu dan langkah yang tepat. Click To Tweet

Jadi tanpa basa basi lagi, disini kami akan membahas seputar tentang Cara Dasar Meningkatkan SEO Website Bisnis Anda. Baca sampai lengkap yo! Hehehe

Daftar ke Google Search Console

Logo Google Search Console

Langkah pertama yang paling mendasar adalah mendaftarkan Website Bisnis Anda ke Google Search Console (Bisa Anda pelajari disini, apa itu Google Search Console)

Google Search Console atau GSC merupakan tool online terbaik dalam meningkatkan SEO. Banyak fitur-fitur terbaru yang dapat mendongkrak situs dalam menempati posisi teratas pencarian search engine khususnya Google.

Gak terbaik juga sih, namun mengapa setiap kali kita membangun website harus mendaftarkan diri ke GSC? Sebab GSC adalah sebuah pintu pendaftaran agar website Anda dapat dirayapi dan muncul di pencarian Google.

Contoh beberapa fitur-fitur utama pada Google Search Engine

  • Search Analytics berfungsi untuk menganalisa traffik organik
  • HTML Improvements berfungsi untuk meningkatkan tampilan situs di hasil pencarian mesin telusur atau SERP
  • Crawl Error berfungsi untuk memeriksa dan melaporkan kesalahan perayapan
  • Fetch as Google berfungsi memastikan halaman atau konten website ramah mesin telusur
  • Sitemap and Robot.txt Tester untuk menolong search engine (Google, Bing, Yahoo, dll) merayapi situs Anda.
  • Dan masih banyak lagi fitur GSC yang dapat mendongkrak rank dan tampilan situs Anda di mesin pencarian. Penasaran? Buatlah akun di Google Search Engine, ekplorasi, dan pelajari fitur-fitur yang terbaik untuk website bisnis kalian

Buat Situs Khusus untuk Halaman Blog

logo bukalapak blog
Salah satu logo Blog dari Marketplace Online Indonesia, Bukalapak | Photo by blog.bukalapak.com

Apabila Website Anda masuk sebagai kategori e-commerce, penyedia jasa, dan kategori lainnya yang tidak termasuk media. Maka membuat halaman khusus untuk blog sangatlah penting.

Contoh url halaman blog yang dibuat oleh situs-situs besar:

www.tokopedia.com/blog/
blog.bukalapak.com
blog.twitter.com
www.blog.google
dan masih banyak lagi

Contohnya seperti Bukalapak dan Tokopedia, bisa dibilang mereka berdua ada raja e-commerce tanah air, tapi mengapa mereka juga membuat halaman blog? Bahkan bayangkan saja, situs raksasa sekelas Twitter dan Google saja memiliki halaman blog.

Karena disamping dapat berinteraksi dengan penggunanya, membuat halaman blog juga dapat menolong posisi peringkat di hasil penelusuran dan mempermudah meningkatkan traffik, terutama bagi situs yang masih tergolong kecil.

Nah, yang terpenting kunci dalam membuat halaman blog adalah selalu up to date dan mengoptimalkan setiap postingan blog yang ada dengan kata kunci yang tepat, menautkan link internal ke konten lain maupun link eksternal ke situs lain yang kredibel dan terpercaya, langkah ini juga bagus untuk SEO.

Jangan khawatir Anda akan kehilangan fokus pada bisnis yang dibangun, tentu Anda juga dapat memperbaharui postingan-postingan terbaru setiap pekan, 2 pekan, atau bahkan setiap bulan dengan syarat menulis artikel yang berkualitas.

Jadi, setelah membangun halaman blog pada website bisnis Anda, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan disetiap kali memperbaharui tulisan blog, antara lain

1. Buatlah Konten Berkualitas, Detail, dan Jelas

Seperti yang saya bilang tadi, syarat utama dalam menulis postingan blog adalah menulis konten yang berkualitas. Selalu buat artikel yang menarik dan disukai banyak orang.

Selain itu, walaupun banyak orang bilang, menulislah sekitar 1000 kata atau bahkan lebih, karena selain bagus untuk SEO juga dapat menjaga Audience lebih lama berada di website kita.

Namun saya sarankan, menulislah sekitar 500-700 kata. Mengapa demikian?

Sebab kita tinggal di negara yang mana tingkat literasinya masih rendah atau bahkan sangat rendah, dengan kata lain masih malas untuk membaca yang panjang-panjang.

So, seperti saya sarankan tadi, kan udah capek menulis panjang-panjang, eh taunya bounce rate tinggi karena kontennya kepanjangan bagi Audience. Yang terpenting, tulislah artikel dengan rumus singkat, padat, jelas.

Namun bukan berarti kita gak boleh menulis konten yang panjang untuk Audience, sebenarnya sudah menjadi keharusan jika kita juga ikut membangun minat literasi masyarakat dengan menulis artikel yang sedikit panjang,…

Tetapi jangan lupa juga dibungkus dengan skill copywritting yang bagus dan ‘WOW’ gimana gitu, agar dapat menarik perhatian dan membangkitkan Audience untuk membacanya.

(Btw ini konten juga panjang deh kayaknya :#)

2. Optimasi Keyword Halaman dan Postingan Blog

Lalu tips kedua adalah jangan lupa untuk selalu optimasi keyword atau kata kunci halaman dan postingan blog. Usahakan gunakan keyword yang spesifik dan relevan dengan isi dari postingan blog yang ditulis.

Baca Juga: Cara Mencari Keyword yang Tepat untuk Artikel Blog

Jangan sampai judulnya A, isi artikelnya B, keywordnya C, kan parah euy. Itu namanya mah Clickbait  dan jangan pernah pakai cara Clickbait yo, karena selain dapat merusak skor SEO, Audience pun tak menentu dan tidak sesuai target bisnis Anda.

Apalagi semenjak Pengguna Internet Indonesia Naik Drastis di era mobile ini, tentu optimasi keyword akan cukup berdampak baik untuk meningkatkan pengunjung ke website bisnis.

Membangun Backlink

cara dasar meningkatkan seo website
Banyaknya volume backlink, belum tentu menunjukkan backlink itu berkualitas | Photo by pexels.com

Dan cara yang terakhir yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan SEO website adalah dengan membangun Backlink.

Backlink adalah link yang menuju atau merujuk ke situs kita dan jumlah Backlink ini ternyata merupakan salah satu indikasi faktor yang dapat meningkatkan popularitas SEO suatu website.

Namun bukan berarti banyaknya suatu Backlink merupakan hal yang bagus untuk website Anda (Jawabannya adalah,… BELUM TENTU!) tetapi jumlah Backlink yang disertai juga dengan kualitasnya adalah yang terbaik. Jadi, jangan asal cari backlink ya! hehehe

Tentu banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun backlink, seperti di berbagai forum, situs bookmarking, hingga yang paling tren saat ini yaitu dengan Guest Post (mempublikasikan tulisan Anda di situs orang lain disertai link yang menuju situs Anda), dan masih banyak lagi.

Jadi bagi Anda yang baru terjun ke dunia online dan baru membangun sebuah website bisnis, bisa dicoba-coba lagi tuh Cara Dasar Meningkatkan SEO Website Bisnis Anda. Selamat praktek ya! Kan percuma udah panjang baca-baca eh gak ada prakteknya.

  • Min mw tanya dong. Kalau google keywords planner itu gmn?

    • kalau Google Keyword Planner itu ya kaya tool online free untuk menganalisa, mencari dan memilih keyword yang pas sesuai dengan konten yang ditulis 😃

  • Muhamad Rifqi

    Miin saya mau tanya seputar keyword ?. Sebenernya seberapa penting Keyword itu dalam sebuah penulisan artikel, kadang saya menulis artikel yah, udah nulis aja saya kaga memikirkan keyword, Menurut admin gimana baik atau ngga. Terima kasih

    • Tergantung sih, misalnya sedang menulis artikel news yang audience-nya jangka pendek, gapapa gak terlalu perhatikan keyword (bukan berarti asal-asalan juga ya, hehe 😅). Tapi kalau misalnya artikel jangka panjang, contoh seputar how-to, tips, dan lain sebagainya usahakan perhatikan keyword, karena sudah memasuki arena kompetisi dengan ribuan blog/web diluar sana.

      Sebenarnya apa yang ditulis itu adalah cikal bakal keyword juga loh, misal link url: example(dot)com/how-to-use-facebook nah ‘how to use facebook’ ini adalah contoh kalimat sederhana yang sebenarnya adalah rujukan keyword juga loh, makanya banyak yang menyarankan menyederhanakan kalimat di link url.

      Lalu kalimat di paragraf pertama yang relevan dengan link url dan judul juga bisa dijadikan rujukan keyword, dan juga kalimat di heading tag 2, h3, dan h4, oleh sebab itu dianjurkan untuk mengatur struktur html situs dan masih banyak lagi hehe. Jadi optimasi keyword itu gampang kok, optimasi saja kata atau kalimat yang berpeluang untuk menjadi keyword bagus! Lebih bagusnya lagi lakukan riset keyword, tapi kalau mau sederhananya ya pakai kalimat yang sederhana dan memang sering dicari oleh Audience 👍

  • gunshootcbr

    Min cara nembak keyword itu gmn sih? lalu cara pengaplikasian keyword di artikel itu gmn? maklum newbie hehehe

    • kalo mau riset keyword, bisa pakai Keyword Planner atau bisa juga di KeywordTool.io, lalu nanti keyword-keyword terbaik yang ingin dipakai bisa dipakai di Judul, Tag Heading, dan di paragraf pertama 😅 penerapan sederhananya bisa seperti itu hehe

  • MuhammadTsubqi

    Memang benar SEO ini seperti investasi , gak bisa kita nikmati sekejap mata 😀 siapa yang menanam dia juga yang memanen hasil nya

  • Ransel Usang

    Wah terima kasih kak, bermanfaat sekali untuk blog pemula seperti saya