Menjadi ibu rumah tangga tidak lagi identik dengan orang yang selalu sepanjang harinya hanya tinggal di rumah tanpa melakukan hal-hal produktivitas lainnya. Ada banyak hal yang ibu bisa lakukan, termasuk bisnis rumahan bagi ibu rumah tangga yang penghasilannya dapat membantu menunjang ekonomi rumah tangga.

Baca Juga: Tips Menabung bagi Ibu Rumah Tangga (Efektif untuk diterapkan!😎)

Walaupun banyak yang masih menganggap bekerja di rumah tidak akan menyamai penghasilan wanita karir di kantoran, tapi wait… jangan remehkan dulu karena mindset yang seperti itu sangat salah besar!

Karena banyak diluar sana wanita bisnis rumahan yang sukses dan bahkan memiliki penghasilan 10x lebih besar melebihi wanita karir biasa! Ini dikarenakan menjadi sukses tergantung pada skill dan bakat, bukan karena faktor kebetulan dan keberuntungan doang.

Wanita bisnis rumahan juga lebih banyak manfaatnya karena ibu bisa bekerja sambil  membesarkan si buah hati ibu setiap harinya, jarang stres karena atasan, dapat menghilangkan kejenuhan, bahkan lebih enaknya lagi dapat menyalurkan hobi dan itu DIBAYAR!

Kalau ibu masih bingung bagaimana cara memulai usaha bisnis sampingan, tentu ada banyak ide dan peluang bisnis rumahan bagi ibu rumah tangga. Tapi yang terpenting sebelumnya, ibu harus memilih jenis bisnis rumahan yang sesuai dengan kemampuan dan bakat yang ibu miliki.

So, untuk menjalani bisnis rumahan bagi ibu rumah tangga sebenarnya gak ribet-ribet amat. Karena tergantung kemampuan dan bakat yang ada saat ini, disertai dengan kreativitas yang ada.

Daripada basa-basi makin gak karuan hehe, langsung aja kita ke intinya. Berikut adalah daftar bisnis rumahan yang cocok bagi ibu rumah tangga #CEKIDOT

Menjadi Penulis

bisnis rumahan bagi ibu rumah tanggaDari dahulu, menulis merupakan salah satu hobi yang bisa menghasilkan uang saat disisi lain tulisan yang kita tulis juga dapat sangat bermanfaat bagi pembaca karena bisa saja mereka terinspirasi dari tulisan-tulisan yang kita tulis.

Bahkan walaupun ibu sudah memiliki berbagai usaha sampingan yang ada, ibu tetap bisa menjadi penulis kapanpun dan dimanapun berada, karena menjadi penulis tidak dikekang dan terikat oleh waktu. Ibu bisa menulis sebanyak-banyaknya dikala ada waktu senggang.

Selain itu, menjadi penulis tidak hanya serta merta menjadi penulis buku saja. Ibu bisa menjadi penulis novel, puisi, penulis yang karyanya bisa dipublish di majalah maupun media online lainnya, mengulas produk, hingga menjadi blogger.

Untuk menjadi penulis yang profesional dan menghasilkan profit lebih serta bermanfaat bagi banyak orang, ibu bisa bergabung ke berbagai komunitas penulis yang ada daerah ibu agar terus bisa berkolaborasi dan meningkatkan kualitas tulisan.

Bisnis Budidaya Tanaman

Jika tadi hobi menulis, ternyata ibu juga dapat menghasilkan pendapatan dari hobi berkebun loh! Jadi jangan heran, kalau bisnis Budidaya Tanaman ini juga sedang marak dilakukan dikalangan ibu rumah tangga hampir (bahkan semua) di seluruh Indonesia.

Gak usah heran lagi, jika kita sering melihat usaha budidaya tanaman di pinggir jalan raya hingga di depan-depan pekarangan rumah masyarakat. Bahkan bukan hanya dikalangan para ibu saja, kaum adam pun tidak sedikit melakukan bisnis budidaya tanaman ini.

Anda bisa memasarkan usaha bisnis ini mulai dari para tetangga hingga memasarkannya melalui internet, dan selalu ikut ketika ada acara pameran tanaman hias yang sedang berlangsung

Warung Makan & Jasa Katering

Hobi memasak juga tak kalah menguntungkan dari yang lainnya. Karena dari hobi memasak ini, ibu bisa memulai untuk membuka bisnis jasa katering mulai dari kawasan kompleks perumahan ibu.

Bisnis katering seperti ini mungkin bisa ibu mulai dari kerabat, teman, atau kenalan ibu yang membutuhkan katering karena terlalu sibuk mengurus pekerjaan misalnya. Atau juga dapat memulai kerjasama dengan beberapa kantor yang biasanya bersifat jangka panjang.

Apalagi jika kawasan tempat tinggal ibu berada di tempat ramai orang seperti dekat kampus, kos-kosan, dan perkantoran maka membuka warung makan dan jasa katering merupakan bisnis yang sangat menjanjikan! Sebab tentu akan ramai orang berkunjung terlebih disaat jam makan siang telah tiba.

Memulai Bisnis Online

bisnis rumahan bagi ibu rumah tanggaBisnis Online kini juga sedang marak-maraknya termasuk di kalangan ibu yang mempunyai produk dan ingin memasarkannya ke kalangan umum, apalagi dengan internet semuanya kini dapat dengan mudah dan cepat tersebar luas ke ramai orang.

Bahkan bagi para ibu yang belum sama sekali memiliki produk pun, tetap dapat memulai bisnis online yang cukup menjanjikan ini. Yaitu cukup menjadi reseller suatu produk tertentu atau dropship barang yang branded dan lagi trend saat ini.

Untuk memulai bisnis online cukup gampang. Ibu hanya perlu belajar bagaimana cara marketing yang pas, memilih produk yang tepat untuk dipasarkan, dan terampil dalam melayani audience dan customer nantinya.

Membuka Jasa Jahit

Tidak semua orang bisa menjahit, tetapi setiap orang pasti membutuhkan orang yang bisa menjahit 😅

Karena bayangkan saja setiap pakaian seragam yang dipakai oleh para pelajar, mahasiswa, maupun pekerja kantoran pasti membutuhkan yang namanya seorang penjahit agar seragam yang dipakai dapat nyaman dan pas saat dipakai.

Jadi beruntunglah para ibu yang mempunyai skill menjahit! Apalagi jika bisnis ini ibu kembangkan dengan tekun dan serius, ditambah mempunyai skill yang mumpuni maka yakini pasti akan sangat menghasilkan karena biaya penjahit profesional tidaklah murah.

Menjadi Jasa Penerjemah Online

bisnis rumahanNah, bagi para ibu yang memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik (bahasa apapun itu), membuka jasa penerjemah online mungkin adalah solusinya. Ditambah di zaman Globalisasi ini, pasti banyak orang yang membutuhkan jasa penerjemah karena berbagai kepentingan tertentu.

Jasa Penerjemah bisa beragam pekerjaannya, seperti membuat subtitle film, menerjemah dokumen penting, jurnal, dan lain sebagainya tergantung permintaan customer Anda. Jangan terpaku dengan bisnis model seperti ini saja, masih banyak bisnis dan pekerjaan yang mengandalkan bahasa asing, seperti Tour Guide contohnya.

Membuka Kelas Bimbingan Belajar

Bagi para ibu yang memiliki riwayat prestasi dalam bidang akademik tertentu ditambah lagi suka mengajar, mungkin ibu harus memulai untuk membuka sebuah tempat bimbingan belajar (les) secara umum maupun privat.

Tapi jangan sembarangan, tentu ikhlas dan sabar dalam mengajar harus dikedepankan disertai dengan kemampuan akademik yang mumpuni sebelum memulai bisnis bermodelkan edukasi ini.

Membuka Usaha Spa dan Salon Rumahan

Dengan seiringnya waktu, ternyata kian banyak para ibu yang kreatif menggunakan hobi dan kemampuan mereka dalam hal perawatan untuk membuka usaha spa unik dan salon rumahan.

Tak perlu mengeluarkan biaya banyak, cukup dengan alat perawatan yang lengkap dan seadanya, ibu sudah bisa membuka sebuah Spa dan Salon sederhana ala ibu rumah tangga.

Mungkin pelayanan spa dan salon yang ibu rintis belum memiliki pelayanan yang lengkap, tapi setidaknya spa dan salon rumahan cukup bisa bersaing karena masalah harga yang murah disertai dengan konsep perawatan yang mungkin berbeda dan unik dari yang lainnya.

KESIMPULAN

Jadi, bagi para ibu yang ingin merintis bisnis rumahan untuk membantu keuangan rumah tangga misalnya. Kuncinya adalah kreatif dalam memanfaatkan berbagai kemampuan dan bakat yang dimiliki agar bisa menghasilkan pundi-pundi uang.

Demikian artikel kami mengenai Bisnis Rumahan yang Cocok bagi Ibu Rumah Tangga (bahkan ada beberapa yang bisa dilakukan tanpa modal loh!). Namun sebelum merintis sebuah usaha bisnis intinya yang perlu dipersiapkan adalah rasa selalu pantang menyerah, improvisasi, dan cuss langsung ACTION dong! hehe